Recent comments

  • Breaking News

    Wisata Puncak, Wisata Batu hingga Wisata Pohon Ada di Bukit Undau

    Beberapa pemandu bersama wartawan uncak.com saat berada di Batu Atap, Bukit Undau.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Bagi anda yang gemar berwisata unik dan gemar mendaki, semuanya ada di Bukit Undau, terletak di Dusun Undau, Desa Pemawan, Kecamatan Boyan Tanjung, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

    Wisata unik tersebut di antaranya, wisata batu (wisata unggulan) yakni berbagai jenis bentuk batu. Selain itu, ada pula wisata puncak (punjung bhatara) yakni puncak Bukit Undau, dan juga wisata pohon.

    Ketua LSM Nakhoda Peduli Alam Semesta (Napas) Borneo, Iskandar Abe, yang merupakan penulis sejarah dan penggagas, serta penggerak masyarakat setempat untuk menjadikan bukit tersebut sebagai objek wisata, mengatakan, batu kapal yang merupakan bongkahan batu besar yang menyerupai perahu itu memiliki sejarah.

    Dimana, kata Iskandar, menurut sejarah dan cerita tentang legenda dari nenek moyang terdahulu turun-temurun hingga sekarang, batu kapal tersebut berhubungan erat dengan Patih Demang Tutup.

    "Ada pula batu kawah, yakni bongkahan batu yang menyerupai kuali. Menurut cerita legenda dari nenek moyang turun-temurun hingga sekarang, konon katanya kemiringan batu kawah tersebut berpindah-pindah, terkadang miring ke timur, ke barat, Utara dan Selatan. Dimana kemiringan batu kawah itu lah sebagai pedoman atau panduan nenek moyang zaman dahulu menentukan arah ke mana mereka akan berusaha mencari penghidupan seperti bercocok tanam," terang Iskandar Abe, saat ditemui uncak.com di Bukit Undau dalam acara Open Trip Perdana Bukit Undau yang diselenggarakan pada 3-4 Agustus 2019, Minggu (4/8).

    Lebih lanjut Iskandar memaparkan, bahwa ada pula liang kijang (gua kijang), batu rawan, batu kantuk (bongkahan batu yang menonjol ke depan), batu lesung/batu inik Anan, dan masih banyak lagi pesona batu-batu lainnya, seperti batu rumah, batu kapak, batu beranak, batu penjaga (batu tupai), batu kuda, batu kepala kera, batu kura-kura, batu semedi, dan akar pohon yang menyerupai huruf D.

    "Pesona lainnya yang tak kalah menarik yaitu tebing Punjung Bhatara, batu raya, batu tunggal, dan batu kasih sayang," papar Iskandar.

    Iskandar menjelaskan, untuk wisata puncak (Punjung Bhatara), yakni puncak bukit Undau memiliki ketinggian 850 MDPL.

    Selain wisata batu, kata Iskandar, ada pula wisata pohon, dimana berbagai jenis pohon-pohon, mulai dari pohon berukuran kecil, besar dan super besar dan tinggi, serta pohon-pohon berbentuk unik yang alami.

    Selaku penggagas dan penggerak masyarakat setempat, Iskandar memiliki cita-cita dan harapan akan bukit Undau ke depannya, yakni kata dia, dimana beberapa keajaiban dunia sudah ditemukan dan terdaftar di UNESCO sebagai tempat bersejarah yang diakui dan dilindungi oleh dunia.

    Oleh sebab itu, Iskandar sangat yakin, semoga keberadaan bukit Undau terungkap di mata dunia, karena akan ada keajaiban dunia yang ditemukan lagi. Seperti keberadaan batu-batu tersebut.

    "Ketika kita memiliki tempat wisata yang memadai, terlebih lagi suatu keajaiban dunia yang dimiliki, masyarakat setempatlah yang akan menikmati dampak manfaatnya secara langsung," ungkapnya penuh harap.

    Iskandar berpesan kepada pendaki yang mendaki di bukit Undau, agar ketika berada di batu kapal, batu kawah, batu beranak dan liang kijang, serta batu pujung bhatara, ucapkanlah salam meski hanya di dalam hati.

    "Ucapkan salam menurut agama dan kepercayaannya masing-masing," pesan Iskandar Abe. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad