Recent comments

  • Breaking News

    GOW Gandeng Puskesmas Putussibau Selatan Gelar SADARI dan Test IVA

    Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kapuas Hulu, foto bersama Kepala Puskesmas Putussibau Selatan.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kapuas Hulu bekerjasama dengan Puskesmas Putussibau Selatan, menggelar Sosialisasi Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dan deteksi dini kanker payudara serta kanker leher rahim, bertempat di Aula Puskesmas Putussibau Selatan, Sabtu (19/10/2019).

    Selain melakukan SADARI dan pemeriksaan deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim, juga melakukan pemeriksaan payudara klinis dan  test Infeksi Visual Asam Asetat (IVA).

    Hadir dalam acara itu, Ketua GOW Kabupaten Kapuas Hulu beserta seluruh anggota, Kepala Puskesmas Putussibau Selatan, perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, ibu-ibu Persit, Bhayangkari, Dharma wanita, Harpi Melati, Fatayat NU dan Aisyah, serta undangan lainnya.

    Suasana saat kegiatan, yang berlangsung di Aula Puskesmas Putussibau Selatan.
    Dalam kesempatan sosialisasi itu, Ketua GOW Kabupaten Kapuas Hulu, Ny. Silvia Pamero menyampaikan data berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2018 bahwa terjadi peningkatan angka kematian terhadap penduduk Indonesia akibat penyakit tersebut.

    "Kanker payudara dan kanker serviks, sangat berbahaya, dimana berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018, kematian penduduk Indonesia meningkat akibat penyakit tersebut. Itu data yang terdeteksi. Belum lagi yang tidak terdeteksi atau yang memang sedang menderita mulai dari stadium dua hingga stadium empat,' kata Silvia Pamero, ditemui langsung di tempat kegiatan, Sabtu pagi.

    Atas dasar itulah lanjut Silvia, GOW Kapuas Hulu merasa terpanggil sehingga harus ikut berpartisipasi dalam mengadakan kegiatan tersebut, dimana minimal dapat mengantisipasi dan mendeteksi gejalanya secara dini.

    "Kalau perempuan yang masih aktif menstruasinya, pemeriksaan payudara sendiri dilakukan satu bulan sekali, yaitu seminggu setelah menstruasi. Jangan sampai terlambat berkonsultasi," tegasnya.

    Sementara itu, Kepala Puskesmas Putussibau Selatan, dr. Dasmiati Olfah, menyambut baik kegiatan tersebut.

    Olfah sangat mengapresiasi dan merasa sangat bangga karena Puskesmas Putusibau Selatan diberi kepercayaan untuk bekerjasama dengan GOW dalam kegiatan tersebut.

    Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Penyelenggara, Syarifah Zulaiha, mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta dan para tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut.

    "Ucapan terimakasih yang tak terhingga pula kepada penyedia tempat kegiatan, yaitu pihak Puskesmas Putussibau Selatan," singkat Syarifah Zulaiha.

    Kegiatan tersebut diikuti sangat antusias oleh puluhan ibu-ibu berbagai kalangan usia dari berbagai organisasi perempuan yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad