Recent comments

  • Breaking News

    Hari Santri Nasional, TPQ Al Hidayah Nanga Kantuk Gelar Berbagai Lomba

    Antusias umat muslim saat menyaksikan kegiatan TPQ Nanga Kantuk.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA/TPQ) adalah lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan nonformal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al Qur’an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD) dan atau madrasah ibtidaiyah (MI) atau bahkan yang lebih tinggi.

    TPA/TPQ dengan RA dan taman kanak-kanak (TK), di mana kurikulumnya ditekankan pada pemberian dasar-dasar membaca Al Qur'an serta membantu pertumbuhan dan perkembangan rohani anak agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

    Seperti halnya yang dilakukan TPQ Al Hidayah Nanga Kantuk, Kecamatan Empanang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

    Guna memacu mental-mental para santri yang Rahmatan Lil Alamin sedari dini, sekaligus dalam rangka Hari Santri Nasional Tahun 2019, TPQ Al Hidayah Nanga Kantuk menggelar berbagai lomba antar TPQ se Kecamatan Empanang - Puring Kencana, Minggu, (27/10/2019). 

    "Tujuan dari acara tersebut tak lain adalah agar kelak mental para santri akan tertanam dan terpatri pada jiwa mereka. Sehingga mereka kelak siap menjadi pelopor dan menjadi insani yang mampu memberi perdamaian buat dunia," ujar Murjianto, S.Ag, Kepala KUA Nanga Kantuk.

    Selain itu lanjut Murjianto, kegiatan tersebut juga dalam rangka menggali potensi tunas-tunas baru yang berbakat agar bisa muncul dan tumbuh, di mana supaya mampu memberi daya saing dengan Kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu.

    Sementara itu, Ketua Panitia penyelenggara, Ustadz Abdul Rasit, S.Pd mengatakan, kegiatan tersebut terlaksana atas partisipasi dari seluruh umat muslim se Kecamatan Empanang dan Puring Kencana.

    "Walaupun kegiatan tersebut terbilang perdana. Tetapi semangat dan minat santri (calon peserta) sangatlah banyak," tutur Ustadz.

    Menurut Ustadz, dukungan dari masyarakat muslim dan para orang tua santri terhadap anak - anak mereka sangat kuat supaya bisa mengikuti lomba tersebut.

    "Kegiatan tersebut sangat sederhana karena dengan persiapan seadanya," paparnya.

    Namun, walaupun sangat sederhana, Kegiatan tersebut berlangsung dengan khidmat dan cukup meriah.

    Adapun berbagai lomba se Kecamatan Empanang dan Puring Kencana yang digelar oleh TPQ Al Hidayah Nanga Kantuk tersebut yakni sebagai berikut:

    1. Lomba Tartil Al Qur'an tingkat SD dan SMP (putra - putri)

    2. Lomba Hapalan Surat - Surat Pendek, tingkat SD dan SMP (putra - putri)

    3. Lomba hapalan do'a harian, tingkat SD dan SMP (putra - putri)

    4. Lomba Adzan, Tingkat SD dan SMP.

    5. Lomba Praktek Wudu' Tingkat SD dan SMP (putra - putri)

    6. Lomba Praktek Sholat, tingkat SD dan SMP (putra - putri)

    7. Lomba mewarnai, tingkat TK dan SD (putra-putri).

    Kegiatan yang mengusung tema "Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia" tersebut berlangsung tertib dan lancar, di mana para peserta sportif dalam mengikuti seluruh rangkaian lomba. [Noto]

    Berikut foto-foto kegiatan:








    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad