Recent comments

  • Breaking News

    Masyarakat Kayaan Mendalam Sangat Mencintai, Menghormati dan Menghargai Budayanya

    Tarian kolosal yang digelar oleh ratusan masyarakat setempat saat acara pembukaan festival Budaya Kayaan Mendalam Tahun 2019.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Petrus Kusnadi, secara resmi membuka Festival Budaya Kayaan Mendalam Tahun 2019, Rabu (23/10).

    Kegiatan yang diselenggarakan di lapangan sepakbola Desa Datah Diaan, Kecamatan Putussibau Utara itu akan berlangsung hingga 26 Oktober 2019 mendatang.

    Adapun tema yang diusung dalam festival tersebut yaitu "Seni Budaya Kayaan Mendalam Merupakan Gerbang Pariwisata Daerah".

    Petrus Kusnadi saat tiba di gerbang tempat berlangsungnya kegiatan.
    Hadir dalam acara itu, tokoh pemuda yang juga bakal calon Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan (Sis), unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas Hulu, beberapa anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, tokoh adat, Temenggung Desa setempat, ratusan tamu undangan lainnya.

    Dalam sambutannya, Petrus Kusnadi, mewakili Bupati Kapuas Hulu A.M. Nasir mengucapkan selamat atas dilaksanakan festival Kayaan Mendalam tersebut.

    "Kami sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu tentunya sangat mendukung festival budaya Kayaan Mendalam di Desa Datah Dian ini," ucapnya.

    Menurut Kusnadi, kebudayaan merupakan asal usul keberadaan masyarakat itu sendiri. Artinya adanya festival Kayaan Mendalam, masyarakat Kayaan Mendalam betul-betul mencintai, menghormati dan menghargai budaya yang ada di daerahnya.

    "Kebudayaan tidak bisa lepas dari alam sekitar kita. Kami atas Pemerintah Daerah sangat menyambut baik, dan mendukung, karena sangat penting kemajuan pembangunan kebudayaan Kapuas Hulu sendiri," terang Petrus.

    Petrus menegaskan, untuk menjaga kebudayaan yang sudah ada seperti saat ini, tidak mudah, maka diharapkan selalu mencintai dan menjaga budaya yang ada di Kayaan Mendalam.

    "Saya berharap agar kegiatan ini selalu dilaksanakan terus menerus, sebab tidak ada lain yang bisa menjaga budaya kita, kecuali kita sendiri," tegas Petrus Kusnadi, yang juga selaku Plt. Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu itu.

    Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Yosep Lasah, yang juga selaku Kades Datah Diaan itu mengatakan, dasar pelaksanaan festival Budaya Kayaan Mendalam  tersebut dilaksanakan atas tanggung jawab sanggar Tubun  Situn selaku penyelenggara.

    "Dana untuk penyelenggaraan kegiatan ini bersumber dari APBD Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2019," paparnya.

    Festival budaya itu akan menyuguhkan berbagai macam kegiatan lomba, di antaranya lomba safe' tradisi, lomba tari tradisi, lomba sastra lisan/Telimaa', lomba lagu daerah, lomba membuat kue adat, lomba sumpit, lomba gasing, dan banyak lagi perlombaan lainnya.

    Pantauan uncak.com, acara pembukaan tersebut berlangsung dengan sangat meriah, dimana berbagai atraksi memukau disuguhkan oleh pihak panitia penyelenggara. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan