Recent comments

  • Breaking News

    TNI Konsisten Sejahterakan Rakyat

    Pangdam XII/Tanjungpura beserta Bupati Kapuas Hulu dan Dandim 1206/Putussibau, saat meninjau sasaran fisik program TMMD Reguler ke-106 Tahun 2019 Kodim 1206/PSB.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura (Tpr), Mayor Jenderal (Mayjend) TNI Muhammad Nur Rahmad, secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-106 Tahun 2019 di Desa Menua Sadap, Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (31/10).

    Upacara pembukaan program TMMD di wilayah perbatasan RI-Malaysia yang dimulai Rabu (2/9/2019) lalu itu, dengan sasaran pembangunan fisik dan non fisik.

    Sebagaimana pembukaan yang digelar dengan upacara kala itu, demikian pula penutupan kali ini, dengan tempat yang sama yaitu di lapangan upacara Bidang 1 Mataso, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS), Desa Menua Sadap.

    Untuk peserta dalam upacara penutupan tersebut, diikuti oleh sejumlah pelajar SMA, beberapa Ormas, Sat Pol PP, unsur Kepolisian, unsur TNI, dan elemen masyarakat setempat.

    Hadir pula, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir, Kepala OPD di lingkup Pemkab Kapuas Hulu, Dandim 1206/Psb Letkol INF Basyarudin, S.S, Wakapolres Kapuas Hulu Kompol Alber Manurung, Danramil 05-Embaloh Hulu Kapten Inf Paryanta, Babinsa 05-Embaloh Hulu Serda Asi, Camat Embaloh Hulu Hermanus Jemayung, Kepala desa Menua Sadap Husien, beberapa kepala desa dari desa terdekat, tokoh adat, tokoh masyarakat dan Temanggung Tamambaloh, Pateh Iban serta para tamu undangan lainnya.

    Terkait salah satu tujuan yang tak kalah penting dari program TMMD Reguler ke-106 Kodim 1206/Psb Tahun 2019 itu, adalah untuk membantu pemerintah daerah Kabupaten Kapuas Hulu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat melalui pembangunan yang bersifat fisik maupun non fisik.

    Tak hanya itu, juga memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.

    Untuk sasaran fisik, yakni peningkatan badan jalan sepanjang 7 (tujuh) kilometer (km), dengan lebar 6 meter, dimana pengerjaannya dimulai dari Desa Menua Sadap menuju Dusun Karangan Bunut.

    Selain itu, juga membangun jalan rabat beton, rehab masjid, pembuatan lapangan sepakbola, dan lain sebagainya.

    Adapun pembangunan non fisik, di antaranya yaitu program TMMD, penyuluhan Kamtibmas, penyuluhan bahaya narkoba, sosialisasi larangan karhutla, materi wawasan kebangsaan, materi cinta tanah air dan penyuluhan tentang kawasan hutan lindung.

    "Sasaran utama dalam program TMMD tersebut, yakni meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan sosial masyarakat di daerah guna menuju masyarakat yang semakin sejahtera dan mandiri serta memiliki ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi setiap hakikat ancaman," ujar Pangdam XII/ Tanjungpura.

    Dimana lanjut Pangdam, semakin meningkatnya kesadaran masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka tercermin pula adanya tertib hukum dan disiplin nasional dalam kehidupan bermasyarakat berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

    Demikian pula semakin meningkatnya wawasan kebangsaan serta kesadaran bela negara, maka tercermin dalam pola dan sikap hidup setiap warga masyarakat sesuai bidang profesi dan pengabdian masing-masing.

    Juga menumbuhkan semangat kebersamaan, gotong-royong dan rasa kekeluargaan serta partisipasi aktif masyarakat dalam membangun daerahnya sehingga tercipta jiwa persatuan dan kesatuan yang kokoh, kuat serta terwujudnya kemanunggalan TNI-Rakyat.

    "Tujuan yang tak kalah pentingnya dengan diselenggarakannya TMMD Reguler ke-106 Kodim 1206/Psb Tahun 2019 ini, adalah untuk membantu pemerintah daerah Kabupaten Kapuas Hulu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat melalui pembangunan yang bersifat fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh," ungkap Pangdam.

    Adapun tema yang diusung dalam TMMD Reguler ke-106 Kodim 1206/Putussibau Tahun 2019 tersebut, yakni "Melalui TMMD Ke-106, Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan untuk Kesejahteraan Rakyat". [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan