Recent comments

  • Breaking News

    Dana Desa Besar, Minat untuk Jadi Kades di Kapuas Hulu Tinggi

    Dana Desa (Ilustrasi).
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Kapuas Hulu, Alfiansyah mengatakan, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Kapuas Hulu akan dilaksanakan pada 18 Maret 2020 mendatang.

    Adapun desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak tersebut berjumlah 92 desa.

    Sedangkan terkait jumlah anggaran kata Alfiansyah, Kabupaten Kapuas Hulu yang dananya paling kecil apabila dibandingkan dengan daerah lain.

    "Anggarannya berjumlah Rp420 juta. Dimana dana tersebut diantaranya akan digunakan untuk panitia Kabupaten, kertas suara dan kotak suara. Termasuk juga untuk pengamanan," ujar Alfiansyah kepada wartawan beberapa hari lalu.

    Dijelaskan Alfiansyah, anggaran yang jumlahnya kecil itu dikarenakan kemampuan daerah terbatas dan hanya mampunya demikian.

    Namun meski demikian lanjut Alfian, pelaksanaan Pilkades tahun 2020 ini bisa dibantu dengan Dana Desa (DD).

    "Dikarenakan kita tidak mampu untuk melaksanakan Pilkades menggunakan anggaran APBD, maka dibantu dengan dana desa," papar Alfian.

    Lebih lanjut Alfiansyah mengatakan, minat untuk menjadi Kepala Desa di Kapuas Hulu tahun 2020 ini jumlahnya sangat tinggi, dimana yang mendaftar mencapai 300 lebih calon Kades.

    "Dari sisi positif, para calon Kades yang mendaftar ini mereka melihat desa ini menjadi tumpuan dalam pembangunan. Sementara dari sisi negatif, kemungkinan calon Kades ini melihat jumlah dana desa sangat besar. Tapi ingat, dalam penggunaan dana desa tidak bisa semaunya," ungkapnya.

    Menurut Alfiansyah, kegiatan Pilkades merupakan kegiatan desa. Oleh sebab itu pihaknya hanya sebatas memfasilitasi.

    "Terkait keamanan dan lain sebagainya, itu merupakan kewenangan desa," tegasnya. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak kabanindo