Recent comments

  • Breaking News

    Lintas Sektor Putussibau Selatan Gelar Aksi Sosial Turun ke Jalan Bagikan Brosur CTPS

    Lintas Sektoral Kecamatan Putussibau Selatan (foto bersama).
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Untuk mengantisipasi agar masyarakat terhindar dari wabah virus Corona (Covid-19) dan penyakit lainnya, Lintas Sektoral Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menggelar aksi sosial turun ke jalan, Sabtu (21/3/2020).

    "Aksi turun ke jalan ini kami lakukan dalam rangka mensosialisasikan pentingnya pola hidup sehat kepada masyarakat agar terhindar dari virus Corona atau penyakit lainnya," kata Kepala Puskesmas Putussibau Selatan, dr. Dasmiati Olfah, ditemui di sela-sela kegiatan tersebut, Sabtu.
    Lintas Sektoral Kecamatan Putussibau Selatan, saat membagikan brosur CTPS kepada pengendara yang melintas.
    Sosialisasi yang dilakukan di depan Masjid Darussalam, Kelurahan Kedamin Hilir tersebut, dengan membagikan brosur kepada pengendara yang lewat.

    Adapun isi dari brosur yang dibagikan tersebut yakni tentang cara Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir.

    Dalam brosur tersebut, terdapat 5 (lima) waktu penting Cuci Tangan Pakai Sabun, yaitu sebelum makan, setelah Buang Air Besar (BAB), sebelum menjamah makanan dan setelah beraktifitas.

    Selain itu, dalam brosur tersebut juga, terdapat 6 (enam) langkah cara mencuci tangan, yang pertama yakni basahi tangan terlebih dahulu, lalu gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.

    Kedua, usap dan gosok pula kedua punggung tangan secara bergantian.

    Ketiga, gosok sela-sela jari tangan hingga bersih.

    Keempat, bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.

    Kelima, gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian.

    Keenam, letakkan ujung jari ke telapak tangan, kemudian gosok perlahan. Lalu bilas dengan air bersih dan keringkan.

    "Ini juga merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi agar masyarakat terhindar dari virus atau penyakit lainnya yakni dengan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir," tambah dr. Olfah.

    Terkait kenapa cuci tangan harus pakai sabun? Karena, jelas dr. Olfah, tangan melakukan banyak hal, seperti memegang hewan peliharaan, membersihkan kotoran, menyiapkan makanan, memberi makan anak, menyusui bayi dan lain sebagainya.

    "Jika tangan tidak dicuci pakai sabun dengan air mengalir, maka dapat memindahkan kuman penyakit. Karena kuman dan kotoran mudah menempel di tangan kita dan akan berpindah ke benda atau makanan yang kita pegang," terang dr. Olfah.

    Tak hanya itu lanjut dr. Olfah, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir juga dapat mencegah penyakit diare, Inspeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) lebih dari 50 persen, menurunkan 50 persen insiden Avian Influenza, Hepatitis A, cacingan, penyakit kulit dan mata.

    "Itulah pentingnya cuci tangan pakai sabun. Sebab, kulit tangan kita ini lembab karena secara alami mengandung lemak," ungkapnya.

    Pantauan wartawan uncak.com, selain Kepala Puskesmas Putussibau Selatan yang langsung membagikan brosur tersebut kepada pengendara yang melintas, demikian pula Camat Putussibau Selatan Kapolsek beserta anggotanya, Danramil beserta anggotanya dan beberapa petugas kesehatan Puskesmas setempat.

    Aksi tersebut disambut baik oleh masyarakat setempat dan sejumlah pengendara, dimana para pengendara tampak antusias untuk mengambil setiap brosur CTPS yang dibagikan tersebut. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    duka

    Post Bottom Ad

    maulid kabanindo