Recent comments

  • Breaking News

    Coklit Hadapi Pilkada 2020, Bawaslu Kalbar Randau Ruai ke 5S di Kapuas Hulu

    Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kalbar, Faizal Riza, saat Randau Ruai ke Panwascam Silat Hilir.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Barat melalui Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) yakni Faisal Riza melakukan kunjungan ke Kabupaten Kapuas Hulu.

    Dalam kunjungannya itu, Faisal Riza melalui jalan darat dari Pontianak.

    Di Kabupaten Kapuas Hulu, Faizal Riza mengunjungi 5S yakni Silat Hilir, Silat Hulu, Semitau, Seberuang dan Suhaid.
    Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kalbar, Faizal Riza, saat Randau Ruai ke Panwascam Semitau.
    Salah satu kegiatan dalam kunjungannya tersebut, Faizal Riza melaksanakan Randau Ruai di Sekretariat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Silat Hilir, Kamis (16/7/2020).

    Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan pencocokan dan penelitian (Coklit) serentak dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2020.

    Dalam kegiatan tersebut, Faisal Riza didampingi langsung oleh Haidir, yang merupakan Kordiv Pengawasan pada Bawaslu kabupaten Kapuas Hulu.
    Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kalbar, Faizal Riza, saat Randau Ruai ke Panwascam Silat Hulu.
    Pada kesempatan itu, Faisal Riza menyatakan, di dalam pelaksanaan coklit serentak, Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Desa/Kelurahan harus melakukan tugas dengan penuh tanggung jawab dan tetap mematuhi protokol Covid-19.

    "Semoga dengan adanya kegiatan Randau Ruai oleh para pengawas Pemilu ini, akan menghidupkan kembali solidaritas sosial di dalam masyarakat terutama masyarakat usia pemilih," harap Faizal Riza.

    Sementara itu, Kordiv Pengawasan Bawaslu kabupaten kapuas Hulu Haidir mengingatkan kepada para pengawas Pemilu, agar tetap menjadi Pengawas Pemilu yang terbuka dan tetap melaksanakan setiap intruksi sesuai dengan tahapan.

    "Jagalah hubungan baik dengan para petugas Coklit karena fungsi kita ini adalah untuk mengawasi, maka teruslah menjaga kekompakan," terang Haidir.

    Pada kesempatan yang sama, Pengawas Pemilu Desa Bongkong, Sandi menyatakan, sudah dua kali melakukan kegiatan Randau Ruai dalam wilayah Desa Bongkong.

    Sementara, Pengawas Pemilu Desa Pangeran, Agus Susanto memaparkan, untuk di Desa Pangeran, sudah empat kali melakukan kegiatan Randau Ruai dan akan terus meningkatkan intensitas Randau Ruai karena melalui media Randau Ruai segala informasi akan didengar langsung oleh masyarakat pemilih.

    Adapun untuk Panwaslu Provinsi Kalimantan Barat, baru pertama kalinya melakukan Randau Ruai di Sekretariat Panwaslu Silat Hilir.

    Hadir pula dalam kegiatan tersebut, unsur pimpinan Panwaslu Kecamatan Silat Hulu, yang dipimpin langsung oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Silat Hulu, Yokinson, S.Ag.

    Kegiatan tersebut diakhiri dengan Bawaslu Kabupaten Kapuas Hulu menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) kepada para pengawas Pemilu.

    Penyerahan APD itu dilakukan langsung oleh Faisal Riza dan diterima oleh ketua Panwaslu Kecamatan Silat Hulu.

    Terkait arti dari Randau Ruai, adalah kegiatan sosialisasi ke rumah rumah. Randau Ruai merupakan bahasa dari suku Dayak Iban, yang artinya main-main ke rumah-rumah, atau bahasa Kapuas Hulunya adalah kandau. [ES/Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak Uncak Uncak kabanindo