Recent comments

  • Breaking News

    Perangi Hoaks di Pilkada 2020, 25 Jurnalis di Kalbar Ikuti Training Cek Fakta

    Sejumlah Jurnalis di Provinsi Kalimantan Barat, saat mengikuti training Cek Fakta secara virtual.

    PONTIANAK, Uncak.com - Dalam rangka mempersiapkan program Cek Fakta Debat Kandidat dan di hari pemungutan suara pada Pilkada 2020, sejumlah (25) Jurnalis (Wartawan) di Provinsi Kalimantan Barat, mengikuti Training Cek Fakta.

    Cek Fakta tersebut digelar oleh Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), dengan menggandeng Google News Initiative (GNI), yang dilaksanakan secara daring (dalam jaringan/online) atau secara virtual, melalui Zoom Meeting, dengan dua orang Trainer, yakni Donal Caniago dan Aribowo, pada 27-29 Oktober 2020 tadi malam.

    “Pelatihan ini bertujuan untuk mengecek dan memverifikasi kebenaran berita di Pilkada serentak 2020. Cek fakta ini untuk melawan hoaks di Pilkada bulan Desember mendatang dan sudah mulai kampanye pada bulan November lalu,” kata Ketua AMSI Wilayah Kalbar, Kundori, saat membuka acara, Selasa (27/10/2020) tadi malam.

    Menurut Kundori, pada training Cek Fakta tersebut, Trainer Google membahas dua poin yang disoroti, yakni misinformasi dan disinformasi. 

    Khusus untuk misinformasi, yakni informasi atau berita palsu yang beredar, namun orang yang berbagi tidak menyadarinya bahwa itu merupakan salah atau informasi yang menyesatkan. 

    Sedangkan disinformasi, yaitu suatu informasi yang dengan sengaja dirancang untuk menyebabkan kerugian.

     “Kami berharap, dengan bekal keahlian pelacakan digital nantinya, 25 Jurnalis yang mengikuti program Cek Fakta ini bisa memerangi misinformasi dan disinformasi,” terang Kundori.

    Diambahkan Kundori, untuk Pilkada di Kalbar, AMSI didukung GNI akan menggelar program CekFakta pada Pilkada Sekadau, saat Debat Publik Kandidat pada 5 November dan saat hari pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang.

    “CekFakta ini merupakan salah satu program AMSI Pusat dalam rangka memerangi berita bohong atau hoaks pada Pilkada. Dimana para pemeriksa fakta yang disiapkan AMSI, akan bekerja sesuai jadwal,”  ungkap Kundori, yang juga merupakan CEO Suara Media Grup itu.

    Sumber: Press Release

    Editor   : Noto Sujarwoto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan