Recent comments

  • Breaking News

    BAZNAS Kapuas Hulu Kembali Gelar Sunatan Massal, Kali Ini di Bunut Hilir

    Sunatan massal gratis yang digelar oleh BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, Kemenag dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, dalam rangka HUT ke-206 Bumi Ulak Mahkota Raja.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-206 Bumi Ulak Mahkota Raja (Bunut Hilir) Tahun 2021, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, menggelar sunatan massal gratis, Jumat (29/1).

    Cinderamata berupa sarung, peci dan uang tunai dari BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu, untuk para peserta.
    Sunatan massal gratis, atas kerjasama antara BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu dengan Pemerintah Daerah, Kementerian Agama (Kemenag) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu tersebut, akan digelar selama dua hari hingga besok (Sabtu, 30/1/2021).

    Untuk jumlah peserta yang mengikuti sunatan massal tersebut yakni sebanyak 100 orang (anak-anak).  

    Dalam sunatan massal tersebut, setiap peserta diberi souvenir, sarung, peci dan uang tunai.

    Sebagaimana diketahui, sunatan massal gratis tersebut digelar BAZNAS sudah kesekian kalinya, dimana terakhir digelar di Sekretariat Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas Hulu, yang diikuti oleh peserta di empat Kecamatan, dengan jumlah 47 peserta (anak-anak) dan satu dewasa, Minggu (17/1/2021) lalu.

    Ketua BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu, H.F.Y Wartam, selaku Ketua lembaga yang memfasilitasi dan menginisiasi, yang hadir langsung dalam kegiatan tersebut, mengatakan, kegiatan sosial yang pihaknya selenggarakan tersebut dan yang telah banyak dilakukan sebelumnya, sesuai dengan syariat Islam, khususnya terkait sasaran yakni terhadap kaum dhuafa dan fakir miskin.

    Terkait peran pemerintah dalam mendukung program sosial yang telah direncanakan oleh BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu, Wartam menyatakan bahwa pemerintah sangat membantu atas apa yang telah menjadi program BAZNAS.

    Menurut Wartam, program BAZNAS selama ini selalu dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pemerintah daerah dan dimonitor oleh Badan Pengawas yang ada pada BAZNAS di pemerintah daerah, dimana pemerintah daerah selalu mendukung.

    "Respon pemerintah khususnya pemerintah daerah Kabupaten Kapuas Hulu terhadap apa yang kita programkan selama ini, sangat baik terutama terkait kewajiban masyarakat dalam membayar zakat dan program-program sosial lainnya," terang Wartam.

    Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Perencanaan Keuangan dan Pelaporan pada BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu, Rini Wulansari, yang turut serta pula dalam kegiatan tersebut, mengatakan, pemerintah daerah merupakan mitra BAZNAS. Oleh sebab itu, dalam setiap kegiatan, pihaknya selalu melibatkan pemerintah daerah (instansi terkait).

    Rini berharap, kegiatan sosial seperti ini dapat lebih banyak lagi menjangkau masyarakat, agar dapat membantu lebih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan. 

    "Semoga apa yang dilakukan ini, dapat meringankan beban para orang tua," ucap Rini.

    Adapun kegiatan tersebut dihadiri oleh Setda Kabupaten Kapuas Hulu Bagian Kesra yaitu Kabag Kesra, Sopuan, S.E, M.Si dan Kasubbag Agama dan Budaya pada Kemenag Kapuas Hulu, Ramli, S.Kep, M.A.P, serta Kabid dan Kasi Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu yaitu Sutanto, S.Ap dan Suhardiyanto, SKM, M.Si, Camat Bunut Hilir, Sapril Ansari, SH, MM dan beberapa petugas kesehatan lainnya.

    Pantauan media ini, dalam kegiatan tersebut, panitia menerapkan protokol kesehatan Covid-19 terhadap seluruh peserta dan pendamping anak-anak yang akan dikhitan serta terhadap para pengunjung dan tamu undangan lainnya, dimana wajib menggunakan masker dan mencuci tangan pakai sabun terlebih dahulu sebelum memasuki tempat kegiatan. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad