Recent comments

  • Breaking News

    Cornelis, Sosok Pemberi Contoh Nyata Dalam Menjaga Ketahanan Pangan Indonesia

    Anggota Komisi II dan Banggar DPR-RI, Fraksi PDI Perjuangan, Dapil Kalimantan Barat 1, Drs. Cornelis, MH, saat melakukan panen padi varietas unggul pada hari kedua di lahan miliknya. 
    LANDAK, Uncak.com - Sesuai Instruksi Presiden RI, Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, agar masyarakat Indonesia tidak kekurangan cadangan makanan pangan, minimal bisa mencukupi lingkungan keluarga, maka teruslah menanam tanaman pangan demi menjaga ketahanan pangan Indonesia.

    Hasil panen pada hari kedua.
    Demikian yang selalu digaungkan Anggota DPR RI, Fraksi PDI Perjuangan, Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 1, Drs. Cornelis, MH, dalam setiap kunjungan kerjanya maupun setiap kesempatan lainnya, dimana ia terus memotivasi masyarakat untuk menanam tanaman pangan terutama padi, demi menjaga ketahanan pangan Indonesia.

    Untuk memotivasi masyarakat agar menanam tanaman pangan, demi menjaga ketahanan pangan Indonesia tersebut, Cornelis tidak hanya sebatas memotivasi melalui lisan semata, tetapi langsung bertindak nyata.

    Sebagaimana hari ini, Minggu (14/3/2021), Cornelis melakukan panen padi hari kedua di lahan miliknya sendiri, di Takiukng, Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

    Cornelis mengatakan, untuk memotivasi masyarakat menanam tanaman pangan, dirinya harus melaksanakan hal tersebut terlebih dahulu. Karena jika tidak, maka terkadang apa yang disampaikan tidak akan diterima langsung oleh masyarakat.

    "Masyarakat sekarang tidak akan menerima langsung apa yang kita sampaikan apabila kita tidak melaksanakan hal tersebut terlebih dahulu. Maka dari itu, demi memotivasi masyarakat agar mau menanam tanaman pangan, saya langsung memberikan contoh dengan menanam tanaman pangan terutama padi seperti di Takiukng ini," ujar Cornelis, menghubungi media ini, Minggu (14/3).

    Dijelaskan Cornelis, selain menanam padi, dirinya juga menanam tanaman pangan lainnya, seperti singkong, ketela dan jagung untuk memenuhi ketersediaan pangan.

    "Saya menanam bermacam-macam tanaman pangan seperti padi, singkong, ketela, jagung dan tanaman pangan lainnya. Dimana, selain untuk dikonsumsi sendiri, hasil pangan tersebut juga bisa dipasarkan dan ini sangat bisa diikuti oleh masyarakat," jelasnya.

    Mantan Gubernur ke-X Kalimantan Barat itu juga menyampaikan, bahwa padi yang dipanennya saat ini adalah calon benih padi unggul varietas Mekongga, yang kedepanya akan digunakan masyarakat atau para petani di Kalimantan Barat terkhusus di Kabupaten Landak, untuk ditanam kembali.

    "Hal ini saya lakukan demi ketersediaan benih padi unggul untuk masyarakat atau para petani. Karena keberhasilan utama dalam usaha pertanian adalah benih padi yang unggul dan bersertifikat, agar petani dapat menghasilkan pangan yang layak dan petani tersebut mendapatkan keuntungannya pada usaha pertanian," papar Cornelis.

    Menurut Anggota Komisi II dan Banggar DPR-RI itu, dirinya akan terus berusaha untuk mengembangkan benih padi unggul, agar masyarakat mudah mendapatkan benih yang bersertifikat. Selain itu, petani juga harus diajarkan untuk penangkaran benih padi unggul bersertifikat.

    "Dengan adanya stok benih padi unggul di Kalimantan Barat terkusus di Kabupaten Landak, maka kita tidak perlu lagi untuk mendatangkan benih dari luar, sehingga cukup menggunakan benih dari daerah kita sendiri apalagi jika kita memiliki penangkaran benih padi unggul, itu sangat memudahkan petani," ungkap Cornelis.

    Diberitakan sebelumnya, kemarin, Sabtu (13/3/2021), Cornelis melakukan panen perdana bersama kelompok tani Coba Maju di lahan miliknya, dan kemudian dilanjutkan hari ini, dimana beberapa hari yang lalu pula, ia juga melakukan panen ikan, dalam sistem (pola) mina padi di lahan miliknya pula. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad