Recent comments

  • Breaking News

    Panen Ikan Mina Padi Miliknya, Cornelis: Pola Mina Padi Tingkatkan Omset Petani Berlipat Ganda

    Drs. Cornelis, MH, bersama Ny. Federika Cornelis, saat memanen ikan jenis Nila, dalam pola pertanian dan perikanan (Mina Padi) miliknya.
    LANDAK, Uncak.com - Anggota Komisi II dan Banggar DPR RI, Fraksi PDI Perjuangan, Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 1, yang juga Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Drs. Cornelis, MH, memanen ikan mina padi miliknya, di Takiukng, Dusun Bebehan, Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (4/3/2021).

    Drs. Cornelis, MH bersama Ny. Federika Cornelis, saat memanen ikan, dalam pola pertanian dan perikanan (Mina Padi).
    Cornelis mengatakan, mina padi merupakan integrasi atau kolaborasi antara pertanian dan budidaya ikan dalam satu lahan, yang dapat meningkatkan omset para petani sampai berlipat ganda.

    "Bagaimana tidak, dengan pola mina padi, dapat panen dua komoditi dalam sekaligus, seperti panen ikan dan padi, sehingga dapat meningkatkan penghasilan ganda," ujar Cornelis, menghubungi media ini, Kamis (4/3).

    Dijelaskan Cornelis, mina padi adalah suatu bentuk usaha tani gabungan, yang memanfaatkan genangan air sawah yang ditanami padi dan sebagai kolam untuk budidaya ikan yang memaksimalkan hasil tanah sawah.

    “Dengan pola mina padi ini, kita dapat meningkatkan efisiensi lahan karena satu lahan menjadi sarana untuk budidaya dua komoditas pertanian sekaligus,” jelas Cornelis.

    Sebagaimana diketahui, krisis pangan menghantui Indonesia sebagai dampak pandemi saat ini. Banyak upaya dilakukan berbagai pihak, guna mengantisipasinya, masyarakat mulai melakukan penghematan dan menanam bahan pangan lokal, gerakan beli hasil tanaman pangan petani lokal juga digencarkan. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Ukiklan Ukiklan

    Post Bottom Ad

    Ukiklan