Recent comments

  • Breaking News

    Riam Jugan, Potensi Destinasi Wisata Andalan di Bengkayang

    Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, saat memberikan sambutan di lokasi objek wisata air terjun Riam jugan.
    BENGKAYANG, Uncak.com - Air terjun Riam Jugan, yang terletak di Desa Lembang, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat, merupakan salah satu kekayaan alam yang memiliki potensi besar untuk menarik minat wisatawan.

    Hal tersebut perlahan-lahan mulai dimanfaatkan dan diolah oleh kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) Nyuing Mandiri, yang mulai mengelolanya menjadi destinasi wisata River Tubing.

    Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, diberi kesempatan untuk meresmikan (launching) pengelolaan tempat wisata tersebut, Jumat (12/3/2021).

    Hadir dalam launching tersebut, diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Kajari Bengkayang, Danlanud 1202/Skw, Ketua Tim pengerak PKK Kabupaten Bengkayang Ny. Anita Darwis, Camat Sanggau Ledo, Camat Ledo, Camat Lumar, Camat Seluas, Camat Jagoi Babang dan Plt. Camat Tujuh Belas, serta tamu undangan lainnya. 

    Pada kesempatan itu, Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis mengingatkan, agar dalam pengelolaannya nanti, Pokdarwis harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan bagi para pengunjung, supaya lebih aman.

    "Saya harap Riam Jugan ini dapat menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Bengkayang," tuturnya.

    Menurut Darwis, masih banyak potensi-potensi pariwisata yang dimiliki di Kabupaten Bengkayang, namun belum mampu dimaksimalkan. Oleh karenanya, Ia meminta kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus saling bersinergi guna mengatasi hal tersebut sehingga memungkinkan Bengkayang menjadi salah satu destinasi wisata nasional.

    "Perlu diketahui, berdasarkan data yang disampaikan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkayang, sedikitnya ada 156 destinasi wisata di daerah ini. Namun dari jumlah tersebut, hanya 31 persen atau sekitar 48 saja yang sudah bisa diakses dengan mudah, dimana kendala utamanya yakni infrastruktur. Selain itu, untuk membangun sebuah destinasi wisata, juga diperlukan empat pilar penting, yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), Kelembagaan, Pemasaran dan Objek wisata itu sendiri," ungkap Darwis.

    Sementara itu, Kepala Desa Lembang, Andri, mengatakan, destinasi wisata tersebut nantinya akan dikelola oleh Pokdarwis di bawah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Nyuing Mandiri, Desa Lembang. 

    "Saya berharap, kedepan Riam Jugan ini mendapatkan perhatian dari Pemda Bengkayang," harap Kades.

    Penulis: Humpro/Rendi

    Editor  : Noto Sujarwoto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan