Recent comments

  • Breaking News

    Jokowi Minta Kepala Daerah Fokus Gunakan APBD di Beberapa Sektor Pembangunan Saja

    Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu beserta Forkopimda setempat, saat mengikuti Rakor Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 secara virtual bersama Presiden RI, Joko Widodo, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri RI.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, SH bersama Wakil Bupati, Wahyudi Hidayat, ST, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), Rabu (14/4/2021) siang.

    Rakor yang dipimpin oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo dari Istana Negara itu dilaksanakan secara virtual.

    Rakor tersebut juga dihadiri oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, dan diikuti oleh Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tingkat 1 (Provinsi) dan tingkat II (Kabupaten/Kota) Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 lalu se-Indonesia.

    Selain itu, diikuti pula oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tingkat 1 dan tingkat II se-Indonesia yang menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2020 lalu.

    Khusus di Kabupaten Kapuas Hulu, Rakor yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian tersebut, dilaksanakan di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, yang juga diikuti oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd. Zaini, serta unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas Hulu, mulai dari Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi, Dandim 1206/Putussibau Letkol Inf. Jemi Oktis Oil, dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kapuas Hulu Eddy Sumarman.

    Hadir pula Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Razali, S.Pd, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kapuas Hulu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kapuas Hulu, serta Asisten Administrasi dan Umum Setda Kabupaten Kapuas Hulu.

    Pada kesempatan itu, Presiden RI, Joko Widodo mengucapkan selamat kepada seluruh Kepala Daerah hasil Pilkada serentak 2020 lalu yang sudah dilantik dan mulai bekerja melayani masyarakat meskipun di tengah situasi Pandemi COVID-19.

    “Jabatan ini merupakan kehormatan sekaligus tanggungjawab yang besar dan harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Kedepannya saya ingin penggunaan APBD difokuskan di beberapa sektor pembangunan saja, sehingga hasilnya bisa dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Misalnya di tahun pertama fokus pada infrastruktur jalan, setelah tuntas, barulah fokus pada pasar, dan demikian seterusnya,” ujar Jokowi, dalam arahannya.

    Jokowi menegaskan, proporsi penggunaan APBD, antara belanja modal bisa lebih besar daripada belanja pegawai.

    "Jangan hanya terpaku pada rutinitas dan inovasi saja, namun yang berorientasi pada hasil juga harus dilakukan, serta menjadi Kepala Daerah jangan hanya suka membaca laporan saja, tapi harus cek langsung ke bawah agar benar-benar tahu kondisi di lapangan,” tegas Jokowi.

    Terkait di tengah melemahnya perekonomian akibat Pandemi COVID-19 seperti saat ini, Jokowi meminta kepada seluruh Kepala Daerah, agar mempermudah investasi dan memperbanyak program padat karya.

    “Saat ini ekonomi masyarakat kita sedang lemah, banyak PHK. Sehingga saya minta kepada para Gubernur, Bupati, Walikota, agar bisa mempermudah investasi untuk membuka lapangan pekerjaan dan mendorong peningkatan ekonomi. Demikian pula dengan padat karya, supaya bisa memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat,” terang Jokowi.

    Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta, agar belanja sosial bisa segera disalurkan dan mendukung kelancaran vaksinasi COVID-19.

    "Pemerintah daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi diharapkan segera menyalurkan belanja sosial, dan yang tak kalah pentingnya, diharapkan pula kepada pemerintah daerah Kabupaten/Kota maupun Provinsi agar dapat mensukseskan program vaksinasi COVID-19," ungkap Joko Widodo. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    kmiklan