Recent comments

  • Breaking News

    Tanggapan Bupati Kapuas Hulu Atas Arahan Presiden Jokowi

    Suasana saat Forkopimda Kabupaten Kapuas Hulu mengikuti Rakor Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 secara virtual di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (14/4) siang (Foto/Ist).
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, SH dan Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, ST, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 bersama Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, yang dilaksanakan secara virtual, di Ruang Sidang Paripurna DPRD setempat, Rabu (14/4/2021).

    Rakor tersebut diawali dengan laporan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, terkait hasil penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2020, yang kemudian dilanjutkan dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo sekaligus membuka Rakor tersebut dari istana negara.

    Dalam arahannya, Presiden Jokowi, menyatakan, Kepala Daerah terpilih hendaknya bekerja secara fokus dan berorientasi hasil.

    "Kepala daerah harus melaksanakan kegiatan secara fokus dan jelas, agar masyarakat dapat merasakan dampak positifnya, meskipun sedikit namun berhasil dan berdampak baik terhadap masyarakat. Saya juga menekankan kepada Kepala Daerah agar konsisten dalam menangani COVID-19 dan terus menerus serta mendukung penuh program vaksinasi COVID-19," ujar Jokowi, dalam arahannya tersebut.

    Pada kesempatan itu, Presiden RI, Joko Widodo juga mengucapkan selamat kepada seluruh Kepala Daerah hasil Pilkada serentak tahun 2020 lalu yang sudah dilantik dan mulai bekerja melayani masyarakat meskipun di tengah situasi Pandemi COVID-19.

    “Jabatan ini merupakan kehormatan sekaligus tanggungjawab yang besar dan harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Kedepannya saya juga ingin penggunaan APBD difokuskan di beberapa sektor pembangunan saja, sehingga hasilnya bisa dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Misalnya di tahun pertama fokus pada infrastruktur jalan, setelah tuntas, barulah fokus pada pasar, dan demikian seterusnya,” tambah Jokowi.

    Jokowi menegaskan, proporsi penggunaan APBD, antara belanja modal bisa lebih besar daripada belanja pegawai.

    "Jangan hanya terpaku pada rutinitas dan inovasi saja, namun yang berorientasi pada hasil juga harus dilakukan, serta menjadi Kepala Daerah jangan hanya suka membaca laporan saja, tapi harus cek langsung ke bawah agar benar-benar tahu kondisi di lapangan,” tegas Jokowi.

    Terkait di tengah melemahnya perekonomian akibat Pandemi COVID-19 seperti saat ini, Jokowi meminta kepada seluruh Kepala Daerah, agar mempermudah investasi dan memperbanyak program padat karya.

    “Saat ini ekonomi masyarakat kita sedang lemah, banyak PHK. Sehingga saya minta kepada para Gubernur, Bupati, Walikota, agar bisa mempermudah investasi untuk membuka lapangan pekerjaan dan mendorong peningkatan ekonomi. Demikian pula dengan padat karya, supaya bisa memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat,” terang Jokowi.

    Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta, agar belanja sosial bisa segera disalurkan.

    "Pemerintah daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi diharapkan segera menyalurkan belanja sosial," pintanya.

    Menanggapi arahan Presiden Jokowi tersebut, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan, tetap akan mengikuti aturan yang berlaku dan berjenjang, baik dari tingkat Pusat maupun Provinsi.

    "Sesuai dengan arahan Presiden, kita akan terus mengikuti aturan yang ada secara berjenjang, baik aturan dari Pusat maupun dari Provinsi," ungkap Fransiskus Diaan.

    Menurut Fransiskus, saat ini dirinya juga fokus dalam menangani COVID-19 di Kabupaten Kapuas Hulu.

    "Sampai saat ini kita terus memerangi COVID-19 di Kabupaten Kapuas Hulu ini, serta terus mendukung program vaksinasi COVID-19, dimana saya terus menghimbau kepada masyarakat, agar terus menerapkan protokol kesehatan dan melaksanakan tatanan kehidupa baru," ungkap Fransiskus Diaan.

    Adapun Rakor tersebut, diikuti pula oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd. Zaini, serta unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas Hulu, mulai dari Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi, Dandim 1206/Putussibau Letkol Inf. Jemi Oktis Oil, dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kapuas Hulu Eddy Sumarman.

    Hadir pula Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Razali, S.Pd, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kapuas Hulu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kapuas Hulu, serta Asisten Administrasi dan Umum Setda Kabupaten Kapuas Hulu. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad