Recent comments

  • Breaking News

    Bersyukur kepada Sang Pencipta Atas Hasil Panen dan Usaha

    Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, saat menghadiri Misa Gawai Dayak Kantu' Makai Taon 2021 dan Syukur Panen ke-XI, Desa Sungai Uluk.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, S.H, menghadiri Misa Gawai Dayak Kantu' Makai Taon 2021 dan Syukur Panen ke-XI, Desa Sungai Uluk, Kecamatan Putussibau Selatan, Selasa (18/5/2021).

    Misa Gawai Dayak Kantu' dan Syukur Panen tersebut digelar dalam satu rangkaian, dimana merupakan ungkapan rasa terimakasih dan pujian kepada Sang Pencipta Tuhan Yang Maha Kuasa, atas berkat panen dan usaha selama setahun dari masyarakat suku Dayak Kantu'.

    Kegiatan diawali dengan Perayaan Ekaristi, yang di dalamnya terdapat pemberkatan benih dan alat-alat pertanian.

    Pada kesempatan itu, Bupati Kapuas Hulu, dalam sambutannya menyatakan, misa syukur gawai tersebut merupakan wujud rasa syukur kemurahan Tuhan, atas semua hasil yang diperoleh.

    "Sebagai umat beriman, saya mengajak semuanya untuk memahami pesta panen atau gawai dayak ini, tidak diidentikkan dengan pesta pora. Namum, dimaknai bahwa Tuhan Sang pemberi rejeki yang sungguh maha baik dan maha murah," terang Bupati.

    Bupati juga mengingatkan, untuk menjaga keberlangsungan adat dan budaya, dengan selalu konsisten dan bertanggung jawab atas keberlangsungan seni budaya serta tatanan adat istiadat dengan selalu berperilaku adat dan melaksanakan kegiatan adat budaya seperti yang dilaksanakan dalam gawai Dayak Kantu' tersebut.

    "Pesta syukuran panen atau yang sering kita sebut perayaan gawai Dayak, adalah salah satu tempat atau sarana untuk lebih mencintai kebudayaan," ungkap Bupati.

    Tak lupa, Bupati juga mengingatkan, untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

    "Masyarakat tidak boleh lengah, namun tetap melaksanakan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan selalu berperilaku hidup bersih dan sehat," imbaunya.

    Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Anggota DPRD Provinsi Kalbar Drs. Yosef Alexander, Dandim 1206/Psb, beberapa Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat Putussibau Selatan, Kades Sungai Uluk dan Ketua Adat Desa Sungai Uluk, serta para undangan lainnya. [Hms/Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Ukiklan

    Post Bottom Ad

    Ukiklan