Recent comments

  • Breaking News

    Ditemukan Data Ganda Penerima PKH Kapuas Hulu

    Foto: Kartu PKH.

    KAPUAS HULU, Uncak.com -
    Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu menemukan data ganda penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

    "Tak banyak data ganda yang kita temukan, paling ada 5 - 10 karena sudah di-update di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)," kata Ivan Administrator Pangkalan Data PKH Kapuas Hulu, Rabu (25/8/2021). 

    Ivan menyampaikan, untuk penerima PKH di Kapuas Hulu ini sebanyak 8.468 warga. Sementara untuk DTKS Kapuas Hulu sendiri itu berjumlah 94.531 jiwa dari hasil penetapan bulan Oktober 2020. 

    "Pemberian PKH inikan ada validasinya dan cek ke lapangan, kemudian cek sesuai komponen karena bedanya bantuan PKH dengan bantuan lain itu ada di komponen seperti anak sekolah, ibu hamil, lansia dan disabilitas," ujarnya. 

    Ivan mengatakan, saat ini bantuan PKH sudah masuk dalam tahap III, karena bantuan PKH ini disalurkan Pemerintah Pusat 3 bulan sekali. 

    "Kalau sekarang baru sebagian bantuan PKH ini disalurkan karena By Name By Address penerima PKH itu baru setengahnya yang masuk," ucapnya.
     
    Ivan menegaskan, untuk mengantisipasi terjadi data ganda penerima PKH, pihaknya melakukan pemutakhiran data setiap bulan.

    Ditambahkan Achmad Syahrizal Kabid Sosial pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu menyampaikan, untuk data PKH sendiri selalu di-update setiap bulannya untuk menghindari adanya data ganda penerima PKH. 

    "Update data PKH ini melalui aplikasi e-PKH setiap saat," ujarnya. 

    Jika ada perluasan data untuk penerima PKH, kata Syahrizal, maka data yang diambil dari DTKS. "Kemudian nanti baru diverifikasi, layak atau tidak orang itu menerima PKH. Karena kita lihat disitu ada tidak komponennya orang tersebut menerima PKH," tutupnya. (Amr)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak