Recent comments

  • Breaking News

    HUT RI Ke-76, 1000 Bendera Berkibar di Perbatasan Indonesia - Malaysia

    Peringatan HUT RI ke-76 di Perbatasan Indonesia - Malaysia di Desa Temajuk, Kec Paloh, Kab. Sambas, Kalbar, dengan mengibarkan 1000 bendera Merah Putih.

    SAMBAS, Uncak.com -
    17 Agustus 2021 merupakan momen memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang Ke 76, seantero negeri merayakan hari kemerdekaan ini, tak terlepas masyarakat Desa Temajuk Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat.

    Bertempat di Pantai Camar Bulan Desa Temajuk Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas, 17 Agustus 2021 Desa ini didatangi tim pengibar 1000 bendera dari Kota Pontianak.

    Adrianus Susanto selaku Ketua Panitia 1000 bendera mengatakan kepada awak media bahwa rangkaian pengibaran 1000 bendera ini sudah dilakukan dari tanggal 25 Juli 2021, dari menghimbau masyarakat untuk memasang bendera dari tanggal 1 Agustus 2021, dan diturunkan pada tanggal 31 Agustus 2021.

    Kami juga membawa bendera 50 meter yang kita jadikan karnaval mengelilingi Pusat Desa.

    "Kegiatan ini kita roadshow di 14 Kabupaten Kota di Kalbar, dan di puncaknya kami memutuskan untuk dipusatkan di wilayah perbatasan Indonesia - Malaysia, yaitu di Pulau Temajuk ini," ungkap Adrianus.

    Adrianus Susanto juga mengatakan kami terharu karena sepanjang perjalanan kami. Kami banyak melihat rumah yang tidak memiliki bendera sehingga kami turun untuk membagikan bendera dan masker kepada masyarakat.

    "Banyak yang menangis haru dengan kegiatan kami, hampir semua mengatakan ini HUT RI yang ke 76 namun baru kali ini kami mendapatkan pembagian bendera," ujarnya.

    Lanjut Ketua panitia menyampaikan, bahwa kegiatan ini tanpa pendanaan dari pihak pemerintah baik Pemerintah Provinsi mau pun Pemerintah Daerah dan Kota.

    "Kegiatan ini kami lakukan untuk menumbuhkan semangat kebangsaan, meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme bagi Rakyat Indonesia, semoga kedepan semakin banyak yang melakukan kegiatan seperti ini," harapnya.

    "Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada kepada TNI, Polri Pemerintah Desa Temajuk, Karang Taruna Desa Temajuk, Mahasiswa IAIS Sambas, dan seluruh masyarakat yang telah ikut berpartisipasi dalam menyukseskan acara puncak pengibaran dan pembentangan Bendera Merah Putih di Pantai Temajuk," tutupnya.

    Adrianus Susanto, Ketua tim pengibaran bendera merah putih di perbatasan Indonesia - Malaysia, Desa Temajuk, Kalbar, saat diwawancarai awak media.

    Tim 1000 bendera terdiri dari Radar Nusantara, KLTV Indonesia, Pasukan Adat Nusantara Indonesia, Pemuda Pancasila.

    Sriliza selaku Sekdes Desa Temajuk mengatakan kepada awak media, "setiap tahun kita merayakan 17 Agustus namun semenjak Covid-19 ini kita tahun 2020 tidak merayakan, dan sebenarnya tahun ini juga tidak mengadakan.

    Namun saat tim 1000 bendera datang ke Desa kami, kami jadi malu, masak kami tuan rumah tidak menyambut tamu yang jauh-jauh dari dalam kegiatan yang sangat positif seperti ini.

    "Mendadak kami rapatkan dengan karang taruna dan Alhamdulillah Kita hari ini bisa melaksanakan Apel detik-detik Proklamasi dan dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara Letda Laut (T) Achmad Fatoni, S.H, selaku Komandan Pos Angkatan Laut Temajuk, Bripka M. Haris Komandan upacara selaku Polsubsektor Temajuk.

    Sekdes juga mengatakan, "beginilah Pak Desa Kami, dimana kami di perbatasan yang serba kekurangan, baik dari segi infrastruktur, listrik, jaringan telekomunikasi, semua terbatas. Listrik kami disini nyalanya mulai pukul 17.00 hingga 06.00, jalan kami jika musim hujan kami tidak bisa ke kabupaten karna jalan yang berlumpur, untuk jaringan telekomunikasi kami tidak bisa mengakses Internet dengan baik sehingga anak-anak kami disini tidak bisa mengikuti proses belajar daring.

    "Oleh karena itu kami berterima kasih dengan tim 1000 bendera yang sudah hadir di Desa kami, besar harapan kami dengan hadirnya tim 1000 bendera bisa membuat Desa kami terexplore dan bisa dapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah," tuturnya.

    Samsiar Ketua Karang Taruna Desa Temajuk mengucapkan berterima kasih atas kedatangan tim 1000 Bendera yang telah sudi menginjakkan kaki dan menjadikan Desa Kami sebagai tempat pemusatan kegiatan 1000 Bendera ini.

    Senada dengan Zainul Fikri Mahasiswa KKN IAIS Sambas sangat senang sekali kami bisa menjadi bagian pengibaran 1000 bendera dan pengibaran bendera sepanjang 50 meter.

    "Kami ucapkan terima kasih kepada tim 1000 bendera yang sudah melibatkan kami. besar harapan kami tahun-tahun kemudian acara ini kembali di adakan, karena kegiatan ini sangat positif untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kita," pungkasnya. (tim/red)


    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak