Recent comments

  • Breaking News

    26 Kasus HIV AIDS di Kapuas Hulu

     
    Suhardiyanto

    KAPUAS HULU - Jumlah penderita HIV/Aids di Kabupaten Kapuas Hulu mencapai 26 kasus dengan kasus meninggal satu orang dan satunya lagi tidak tahu keberadaannya. 

    "Jadi penderita HIV AIDS yang ada saat ini berjumlah 24 orang," kata Suhardiyanto Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (15/11/2021). 

    Suhardiyanto menyampaikan bahwa penderita HIV AIDS di Kapuas Hulu saat ini rajin melakukan Voluntary Counselling and Testing (VCT) dirumah sakit Putussibau. 

    "Penderita HIV Aids rajin minum obat dirumah ada juga obatnya dikirim dan ambil rumah sakit," ujarnya. 

    Pria disapa Yanto ini mengatakan, dirinya tidak tahu apa prilaku dari penderita HIV AIDS bisa terjangkit penyakit mematikan tersebut. 

    "Yang kita tahu itu penyebabnya bisa terkenanya HIV AIDS ini bisa penggunaan dari jarum suntik, mencukur rambut menggunakan silet, hubungan seks dan transfusi darah," jelasnya. 

    Masyarakat tetap waspada karena penyakit HIV AIDS  ini seperti gunung es, karena masyarakat tidak tahu dimana saja penderita ini berada yang bisa menularkan penyakitnya. 

    "Pesan saya kepada masyarakat jauhi penyakitnya, bukan orangnya. Karena selama ini stigma masyarakat masih tinggi tentang HIV AIDS. Penyakit ini memang tak ada obatnya," ujarnya. 

    Lanjut Yanto, jumlah penderita HIV AIDS ini masih rendah, untuk mengetahui adanya masyarakat menderita HIV AIDS, pihaknya biasanya melakukannya terhadap ibu hamil, penderita TB Paru dan kepada kelompok rentan penyakit tersebut. 

    "Belum lama ini  juga kami melakukan pemeriksaan di Rutan, sebanyak 114 orang yang kami screening . Tidak ada ditemukan penyakit HIV AIDS," pungkasnya. (rin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak