Recent comments

  • Breaking News

    Baznas Kapuas Hulu dan BMM Serahkan Ambulans Terapung di Suhaid


    Ambulans terapung yang diserahkan Baznas dan BMM di Kecamatan Suhaid. 

    KAPUAS HULU - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kapuas Hulu bersama Baitul Mal Mua’amalat (BMM) menyerahkan bantuan ambulans terapung di Kecamatan Suhaid (8/12/2021). 

    Rini Wulansari Koordinator Program ambulans terapung menyampaikan, bahwa tahun ini Baznas Kapuas Hulu mendapatkan tiga ambulan terapung untuk tiga kecamatan yaitu Selimbau Suhaid dan Embaloh Hilir yang merupakan program kolaborasi antara Baznas dan BMM serta beberapa donatur lain. 

    "Sebelumnya tahun 2019 juga BMM memberikan bantuan ambulan terapung di Desa Teluk Aur Kecamatan Bunut Hilir," katanya. 

    Rini yang juga sekaligus Waka III Baznas Kapuas Hulu menjelaskan, program ini bertujuan untuk membantu masyarakat terutama di daerah pesisir sungai agar memudahkan akses mendapatkan pelayanan kesehatan ke puskesmas terdekat. 

    "Juga untuk mengurangi angka kematian ibu melahirkan yang terkadang terjadi karena kesulitan untuk membawa pasien karena keterbatasan sarana transportasi," ujarnya. 

    Lanjut Rini, dana yang digunakan berasal dari donatur yang dihimpun BMM sementara dari Baznas adalah dana infaq ASN yang dihimpun setiap bulan sesuai Perbup No 64 th 2017 tentang zakat profesi ASN.  

     Lanjut Rini, ambulan dilengkapi dengan Alkes berupa tandu tabung oksigen dan kelengkapan nya serta baju pelampung dan kotak P3K. 
    Untuk kecamatan Selimbau sudah dilakukan serah terima beberapa waktu lalu oleh PT Sarana Multi infrastruktur (SMI) Jakarta pada Camat Selimbau .

    "Terima kasih kepada pemerintah daerah yang selalu mensupport kegiatan Baznas selama ini. Terima kasih untuk BMM yang telah memberikan bantuan untuk yang kedua kalinya pada Baznas  Kapuas Hulu dan semoga kedepan bisa berkolaborasi kembali dengan Baznas Kapuas Hulu," ungkapnya. 

    Sementara Kaharudin Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf Kemenag Kalbar menyampaikan tak semua daerah di Indonesia memiliki akses layanan serta fasilitas kesehatan yang lengkap dan memadai, terutama daerah yang berada jauh dari kota-kota besar. Sulitnya akses menuju rumah sakit atau puskesmas banyak dirasakan oleh masyarakat, salah satunya bagi warga masyarakat Kecamatan Suahaid Kapuas Hulu.

    "Dengan kondisi daerah tersebut, maka Kanwil Kemenag Kalbar terus berusaha menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah dan lembaga terkait termasuklah lembaga Amil  Zakat seperti Baznas, BMM untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat miskin yang berada di daerah terpencil," ujarnya. 

    Kaharudin mengatakan, sebagai  kepedulian sosial kepada masyarakat terpencil di penjuru tanah air, Baitulmaal Mua’amalat telah memberikan bantuan dengan baerbagai macam dibidang kesehatan, ekonomi , sosial dan lainnya. 

    Untuk tahun 2021, BMM telah menyerahkan Ambulan trapung sebanyak 12 Unit dan 6 unit diberikan kepada Provinsi Kalimantan Barat, dan Kapuas Hulu memperoleh 4 unit ambulans yang tersebar di empat Kecamatan.
    Bantuan Ambulan terapung diserahkan oleh Direktur Baitilmal Mu’amalat  kepada empat Kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Sedangkan santunan dan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak banjir diserahkan oleh Ketua Baznas Provinsi Kalimantan Barat.

    Dalam penyerahan bantuan ambulans terapung tersebut dihadiri oleh pejabat dari Pemerintah Daerah Diwakili Asisten II, Kemenag Kalbar, Kemenag Kabupaten Kapuas Hulu, Ketua Baznas Kapuas Hulu, Wakil Ketua MUI Kapuas Hulu,Camat Suhaid, Camat Selimbau, Camat Embaloh Hilir serta tamu undangan lainnya. (rin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak