Recent comments

  • Breaking News

    Kemenag Kapuas Hulu Beri Bimbingan Perkawinan Pra Nikah


    Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat saat menghadiri kegiatan bimbingan perkawinan pra nikah yang diadakan Kemenag Kapuas Hulu. Istimewa

    KAPUAS HULU - Dalam upaya meningkatkan kualitas keluarga dikalangan masyarakat terutama dikalangan remaja, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu melalui Seksi Bimas Islam menggelar kegiatan bimbingan perkawinan pra nikah bagi anak usia remaja yang dilaksanakan di MABM Putussibau, (31/03/2022). Kegiatan tersebut diikuti 500 peserta dari kalangan remaja usia nikah.

    Kepala Kantor Kemenag Kapuas Hulu Syahrul menyampaikan, bahwa kegiatan bimbingan perkawinan yang dilaksanakan ini sebagai bentuk upaya dari pihaknya untuk menekan nikah muda di Kapuas Hulu.

    "Jadi kegiatan ini bertujuan agar bagaimana anak-anak ini lebih siap dan matang untuk menjalani persiapan berumah tangga. Karena perkawinan itu bukan hanya untuk sekali, tapi untuk seumur hidup sehingga dapat anak yang Sholeh dan Sholeha dan menjadi keluarga yang sakinah mawadah dan warahmah," ungkapnya.

    Syahrul mengatakan, untuk di Kapuas Hulu masih ada anak yang menikah diusia muda, namun jumlahnya tidak banyak. "Masih adanya nikah muda di Kapuas Hulu ini disebabkan karena pergaulan bebas. Maka dari itu kita adakan kegiatan ini dengan narasumber dari kesehatan, tokoh agama dan lainnya," ujarnya.

    Sementara Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat menyampaikan, dirinya mengapresiasi kegiatan bimbingan perkawinan pra nikah bagi usia remaja ini yang dilaksanakan Kemenag Kapuas Hulu.

    "Kegiatan sangat penting untuk memberikan pemahaman pada anak-anak kita tentang dampak nikah muda. Karena di Kapuas Hulu masih ada remaja yang menikah diusia muda," ujarnya.

    Menurut Wakil Bupati, nikah di usia muda ini banyak mudharatnya dan sangat berpengaruh terhadap kesehatan anak yang dilahirkan nantinya. 

    "Nikah muda bisa saja menyebabkan anak yang dilahirkan Stunting. Untuk itu menikah lah pada usia yang sudah matang karena dampaknya sangat baik ketika melahirkan seorang anak," ucapnya.

    Untuk Kemenag Kapuas Hulu, Wabup berharap sosialisi bimbingan perkawinan pra nikah ini jangan hanya dilakukan didalam kota saja, melainkan di kecamatan lainnya juga. "Jangan terpaku hanya didalam kota saja kegiatan ini, tapi juga harus dilaksanakan di daerah atau kecamatan yang nikah mudanya tinggi di Kapuas Hulu," pungkasnya. (rin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak
    Uncak
    Uncak
    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak