Recent comments

  • Breaking News

    Tenun Sidan Juara Pertama Inacraf Award 2022


    Perwakilan Kabupaten Kapuas Hulu saat meraih penghargaan di Inacraf Award 2022. Istimewa

    KAPUAS HULU - Kain Tenun Sidan Kabupaten Kapuas Hulu berhasil memperoleh juara pertama kategori tekstil INACRAFT Award 2022. Tidak hanya itu, kerajinan di bawah naungan Dekranasda Kapuas Hulu ini bahkan dinobatkan sebagai best of the best, Jumat (25/03/2022) malam.

    International Handicraft Trade (INACRAFT) Award merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada pengerajin yang ikut berpartisipasi dalam ajang pameran ini. Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) memilih produk terbaik berstandar produk unggul dan telah dilakukan kurasi dari produk yang dipilih oleh Dewan Juri Independent INACRAFT.

    Ketua Dekranasda Kapuas Hulu Angeline Fremalco Fransiskus Diaan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama panitia INACRAFT 2022 yang telah memberikan penghargaan untuk Kain Tanun Sidan.

    "Kami mengucapkan terima kasih kepada panitia INACRAFT 2022 yang telah memberikan penghargaan untuk Kain Tenun Sidan Dekranasda Kabupatn Kapuas Hulu. Kain Tanun Sidan ini mempunyai spesifikasi terdiri dari Bahan yakni benang katun dengan motif kaki kemubai menggunakan warna alam daun kratom dan warna alam daun bunggur dengan panjang 185cm dan lebar 74cm,” ucap Angeline.

    Angeline menjelaskan bahwa kriteria yang dinilai pada INACRAFT Awards 2022 adalah keunggulan, keaslian, inovasi, daya jual dan ramah lingkungan, namun hal tersebut menjadi keseriusan bagi Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu untuk mengembangkan Kain Tenun Sidan

    “Kami di Dekranasda akan terus berupaya mengembangkan Kain Tenun Sidan serta bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu agar dapat memberikan dorongan berupa pelatihan dan promosi kepada para pengrajin,” terang Angeline.

    Sementara Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menjelaskan bahwa Kain Tenun Sidan merupakan salah satu produk di Kabupaten Kapuas Hulu yang menggunakan bahan alami, ramah lingkungan dan memiliki nilai jual.

    “Kain Tenun Sidan ini untuk pewarnaannya kita menggunakan warna alam daun kratom dan warna alam daun bunggur, dalam hal ini kami selaku pemerintah sangat konsentrasi memanfaatkan hasil alam yang seperti daun kratom. Dengan memperoleh juara pertama pada INACRAFT Award 2022 kami Pemerintah kabupaten Kapuas Hulu akan serius mengembangkan potensi dari Kain Tenun Sidan,” pungkasnya. (rin) 

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak
    Uncak
    Uncak
    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak