Recent comments

  • Breaking News

    Bupati Kapuas Hulu Tegaskan Prioritas Pembangunan Daerah Bisa Dicapai Apabila OPD Serius dan Selaras

    Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, SH, saat membuka forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran (TA) 2024. FOTO: (ISTIMEWA).
    "Fokus prioritas pembangunan daerah yang telah ditetapkan hanya dapat dicapai apabila semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serius melakukan sinkronisasi dan sinergitas dalam menetapkan program dan kegiatan sesuai dengan prioritas daerah, dimana tidak berjalan sendiri-sendiri"

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, membuka forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran (TA) 2024, bertempat di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (16/02/2023).


    Adapun tema dalam kegiatan tersebut yakni "Pengembangan Kapasitas Desa Menuju Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat".

    Terkait tema tersebut, Bupati menyatakan, dalam rangka percepatan pencapaian visi misi sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2021-2026, maka tema RKPD Tahun Anggaran 2024 ini yaitu “Pengembangan Kapasitas Desa Menuju Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat”.

    "Tema tersebut merupakan tema pembangunan tahun ketiga setelah pada tahun sebelumnya dilakukan percepatan pemulihan dan peningkatan kualitas perekonomian," terang Bupati.

    Ia menjelaskan, pada tahun ketiga ini, pemerintahan desa yang merupakan ujung tombak dalam pembangunan di desa harus memahami kondisi desanya terutama terkait potensi, permasalahan dan kebutuhan masyarakat yang dipimpinnya, mulai dari kebutuhan pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, sosial, kebutuhan air minum, ketenteraman dan ketertiban umum serta sarana dan prasarana lainnya.

    "Pemerintah desa sudah diberikan kewenangan untuk mengurus rumah tangganya sendiri salah satunya dengan membina dan meningkatkan perekonomian desa serta mengintegrasikannya agar mencapai perekonomian skala produktif untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat desa, sehingga diharapkan di tahun 2024 mendatang banyak desa dengan status desa mandiri di Kabupaten Kapuas Hulu ini," tutur Bupati.

    Bupati menegaskan, pada tahun 2024 ini pemerintah daerah berfokus pada 4 (empat) program prioritas, yaitu peningkatan pertumbuhan ekonomi sektor unggulan, peningkatan kualitas infrastruktur dasar, peningkatan jumlah desa mandiri dan peningkatan kesejahteraan sosial.

    "Fokus prioritas pembangunan daerah yang telah ditetapkan tersebut hanya dapat dicapai apabila semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serius melakukan sinkronisasi dan sinergitas dalam menetapkan program dan kegiatan sesuai dengan prioritas daerah, dimana tidak berjalan sendiri-sendiri," tegas Bupati Fransiskus Diaan. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan