Recent comments

  • Breaking News

    Akankah Kain Tenun Sidan Kapuas Hulu Pertahankan Best of the Best pada INACRAFT Award 2023?

    Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, SH, didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu, Ny. Angeline Fremalco, SH, MH, saat memamerkan kain tenun asli Kapuas Hulu, dalam INACRAFT 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), yang merupakan salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara. FOTO: (ISTIMEWA).
    JAKARTA, Uncak.com - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu, Ny. Angeline Fremalco Fransiskus Diaan, menghadiri INACRAFT 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (01/03/2023).

    Ajang tersebut merupakan salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara.

    Kegiatan yang dimulai 1 hingga 5 Maret 2023 tersebut, dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Uno.

    Adapun pameran tersebut, menampilkan berbagai produk kerajinan di seluruh wilayah di Indonesia.

    Sedangkan khusus Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu, memamerkan sejumlah produk andalan asli dari Kabupaten Kapuas Hulu, diantaranya
    kain tenun sidan, tenun ikat, tenun sungkit dan tenun pileh.

    Selain itu, ada pula kerajinan dari kayu ulin, aneka anyaman yaitu keban bronai, anyaman bemban, rotan dan bambu serta aneka aksesoris, baik dari manik-manik maupun dari gelang resam.

    Khusus kerajinan dari kayu ulin, bahannya diambil dari limbah, yaitu akar dari kayu ulin yang tertimbun di dasar sungai, yang kemudian didaur ulang.

    Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menyatakan, INACRAFT 2023 tersebut bertujuan untuk mempromosikan produk kerajinan lokal, dalam rangka meraih peluang pasar, baik domestik maupun internasional.

    "Ini kesempatan kita, untuk mempromosikan produk kerajinan lokal, dalam rangka meraih peluang pasar, baik domestik maupun internasional," ungkap Bupati.

    Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu, Angeline Fremalco, memaparkan, dalam kegiatan tersebut, pihaknya mengutus satu orang penenun binaan Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu, yaitu Ibu Susiana Tau, dalam rangka untuk memperagakan langsung proses pembuatan kain tenun Sidan di stand kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

    "Pada tahun 2022 lalu, kain tenun Sidan Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu berhasil meraih Juara 1 (satu) kategori tekstil dan Best of the Best dalam INACRAFT Award 2022. Semoga tahun ini juga dapat menarik perhatian tim penilai dan pengunjung," papar Angeline Fremalco.

    Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Badan Pengurus Pusat (BPP) ASEPHI, yang juga merupakan Project Officer INACRAFT 2023, Baby Jurmawati, menjelaskan, tahun 2023 ini, pameran INACRAFT diikuti sebanyak 1.118 pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) selaku peserta, dimana dengan rincian mengisi 1.200 booth, yang terdiri dari 904 anggota ASEPHI, 214 non anggota dan 61 peserta binaan Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian BUMN dan Kementerian Hukum dan HAM, 35 BUMN, 255 peserta binaan Dinas atau Dekranasda.

    Sebagaimana diketahui, pameran INACRAFT tersebut diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan PT. Mediatama Binakreasi.

    Terkait rangkaian kegiatan, diantaranya pemilihan produk kerajinan terbaik atau Indonesia Handicraft Award 2023, dengan standar dan kriteria produk kerajinan excellence dari UNESCO dan World Craft Council.

    Ada pula pemilihan Best Booth dengan desain terbaik, kemudian Best Photocrafty Competition dengan tema “Discover The Uniqueness of INACRAFT” bersama Fuji Film; selanjutnya Fashion show Best Selection of INACRAFT Exhibitors dalam tajuk Craftivity in Diversity, from Craftpreneur for the World pada Awarding Night, serta Workshop dan Talkshow di Podcraft Digicraft Lounge secara live streaming.

    Selain itu, penandatanganan nota kesepahaman dengan Pihak Chambre d’Artisanat Casablanca Settat dan Division Cooperation dari Maison de l’Artisan Ministere du Tourisme de l’Artisanat et de l Economie Sociele et Solidaire Kingdom of Morocco dan pertemuan ASEAN Handicraft Promotion and Development Association (AHPADA).

    Adapun terkait yang hadir, khusus dari Kabupaten Kapuas Hulu, selain Bupati beserta Ketua Dekranasda, hadir pula Kepala Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, dan Transmigrasi, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, serta Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan