Recent comments

  • Breaking News

    Presiden Jokowi Sorot Penanganan Bencana di Daerah, Bupati Kapuas Hulu Siap Ikuti Arahan

    Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) Tahun 2023, di Jakarta International Expo, Kamis (2/3). FOTO: ISTIMEWA.
    JAKARTA, Uncak.com - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) Tahun 2023, di Jakarta International Expo, Kamis (02/03/2023).

    Kegiatan yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia,  Joko Widodo, itu, mengangkat tema "Penguatan Resiliensi Berkelanjutan dalam Menghadapi Bencana".

    Selain Bupati, turut hadir pula Kapolres Kapuas Hulu, Dandim 1206/Putussibau, serta Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

    Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, SH (tengah), dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) Tahun 2023, di Jakarta International Expo.
    Adapun kegiatan tersebut, diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

    Dalam arahannya, Presiden Jokowi, meminta kepada setiap daerah, untuk mengidentifikasi potensi bencana yang ada di daerahnya masing-masing, dalam hal ini Pemerintah Daerah (Pemda) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD,) yang merupakan ujung tombak dalam penanggulangan bencana.

    "Diharapkan kepada Pemerintah Daerah, agar bisa menyiapkan anggaran. Selain itu, masukkan pula risiko bencana di dalam rencana pembangunan dan investasi supaya ada kejelasan bagi investor karena ada perencanaannya, yaitu di mana tempat yang boleh dibangun dan di mana tempat yang tidak boleh dibangun. Namun yang paling penting itu adalah siapkan anggarannya. Apabila anggaran kecil namun daerahnya sering terkena bencana, maka harus bersiap sejak dini," tegas Jokowi.

    Jokowi juga meminta kepada BPBD, untuk mempersiapkan tahapan-tahapan sebelum terjadinya bencana (prabencana).

    Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, menyatakan bahwa akan mengikuti arahan dari Presiden Joko Widodo tersebut, dimana selaku Kepala Daerah, pihaknya akan melakukan identifikasi potensi bencana dan menyiapkan anggaran serta memasukkan risiko bencana di dalam rencana pembangunan dan investasi, untuk melakukan pencegahan dan meminimalisir dampak yang mungkin bisa saja terjadi saat bencana.

    "Tentunya ini memerlukan sinergitas dengan semua pemangku kebijakan dalam upaya penanggulangan ketika terjadi bencana disamping pencegahan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana yang terjadi di Kabupaten Kapuas Hulu nantinya," terang Fransiskus Diaan. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan