Recent comments

  • Breaking News

    Pedomani Budaya dan Adat Istiadat Menuju Generasi Emas Dayak

    Pelantikan Ketua dan Pengurus DAD Kabupaten Kapuas Hulu, oleh Ketua DAD Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Cornelius Kimha M.Si.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, menghadiri pelantikan pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas Hulu masa bakti 2022 - 2027, bertempat di rumah Adat Dayak Kabupaten Kapuas Hulu, Jalan Lingkar Mupa, Desa Sibau Hilir, Kecamatan Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kamis (16/03/2023).

    Pada kesempatan itu, Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya pengurus Dewan Adat Dayak Kabupaten Kapuas Hulu masa bakti 2022-2027.

    "Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu menyertai perjalanan organisasi ini, besar harapan kami selaku Pemerintah Daerah maupun secara pribadi agar Ketua beserta seluruh pengurus dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan baik dan sungguh-sungguh sesuai dengan peraturan organisasi," tutur Wabup.

    Wabup berpesan kepada kepengurusan DAD yang baru dilantik, agar dapat memberi perubahan dan inovasi di tengah masyarakat.

    "Semoga DAD Kabupaten Kapuas Hulu dapat memberikan perubahan yang lebih baik dan menciptakan kondusifitas keamanan dan ketenteraman," harapnya.

    Khusus kepada seluruh Organisasi Masyarakat (Ormas), Wabup menghimbau, agar dapat berperan aktif dalam mensukseskan Pemilu 2024 mendatang, dengan meningkatkan partisipasi politik masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu.

    Lebih lanjut Wabup mengatakan, di tengah era globalisasi dan kemajuan teknologi yang semakin pesat, DAD Kabupaten Kapuas Hulu harus hadir dengan program yang inovatif dan terukur sehingga nilai-nilai budaya dan adat istiadat tetap bisa menjadi pedoman terutama bagi generasi muda Dayak sebagai penerus bangsa di masa yang akan datang.

    Wabup meminta, perlindungan dan pengakuan atas hak masyarakat adat juga menjadi prioritas bersama sehingga kedepan generasi yang dihasilkan di Kabupaten Kapuas Hulu adalah generasi emas yang berdaya saing, mengerti budaya dan adat istiadat serta mampu menjaga lingkungan.

    "DAD Kabupaten Kapuas Hulu juga diharapkan bisa bersinergi dengan pemerintah daerah serta organisasi adat maupun organisasi kemasyarakatan lainnya di Kabupaten Kapuas Hulu sehingga kedepan kita dapat mewujudkan keharmonisan bagi masyarakat," ungkapnya.

    Sementara itu, Yanto, SP, selaku Ketua DAD Kabupaten Kapuas Hulu masa bakti 2022-2027, menyatakan, akan terus berupaya kedepannya, untuk dapat menjadikan DAD Kabupaten Kapuas Hulu sebagai organisasi masyarakat yang berkualitas sehingga berdampak pada kemajuan suku dan bangsa.

    "DAD Kabupaten Kapuas Hulu siap memberikan rasa aman, nyaman dan damai bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu," tutur Yanto.

    Pada kesempatan yang sama, Ketua DAD Provinsi Kalimantan Barat, Cornelius Kimha, mengucapkan selamat kepada pengurus DAD yang baru dilantik.

    Ia berharap kepada DAD Kabupaten Kapuas Hulu agar dapat bersinergi dengan semua elemen masyarakat, untuk bersama-sama menjaga keamanan dan keharmonisan di tengah masyarakat.

    Ia juga menghimbau, terutama dalam menghadapi tahun politik, agar masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu tetap saling menghargai hak masyarakat dalam berpendapat, namun tidak boleh membawa politik yang bersifat politik identitas.

    "Sebagai organisasi masyarakat, DAD tidak akan ikut terlibat dalam dunia politik (politik praktis), namun mempersilahkan setiap pengurus DAD yang ingin terjun ke dunia politik, karena itu bagian dari hak asasi masing masing," timpalnya.

    Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Ketua DPRD kabupaten Kapuas Hulu, Kuswandi, Kasdim 1206/Psb, Mayor Inf. Supriono, pihak Polres setempat, beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, para Ketua DAD Kecamatan se-Kabupaten Kapuas Hulu, tokoh adat, tokoh masyarakat dan para Temenggung, serta undangan lainnya. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan