Recent comments

  • Breaking News

    UAS Masih Dirindukan, Mualaf Kapuas Hulu Harapkan Kembali Kehadirannya

    Ustadz Indra Abdurahman alias Yohanes Soter, yang juga dijuluki Da'i mualaf pedalaman Kalimantan Kapuas Hulu (kiri), saat menyematkan selendang kepada Ustadz Abdul Somad.
    "Berharap UAS datang kembali ke Kapuas Hulu, khususnya di Baitul Qur'an Ka'bah At-Taqwa Ashqaf Munzalan, Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Mualaf (YP2M) At-Taqwa Kapuas Hulu, setelah pembangunannya rampung nantinya"

    KAPUAS HULU, Uncak.com - Prasasti Baitul Qur'an Ka'bah At-Taqwa Ashqaf Munzalan, Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Mualaf (YP2M) At-Taqwa Kapuas Hulu, telah ditandatangani oleh Ustadz Abdul Somad (UAS).

    Ustadz Abdul Somad, saat menandatangani Prasasti Baitul Qur'an Ka'bah At-Taqwa Ashqaf Munzalan, Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Mualaf (YP2M) At-Taqwa Kapuas Hulu.
    Penandatanganan oleh Ustadz Abdul Somad tersebut dilakukan di rumah Dinas Wakil Bupati Kapuas Hulu, dalam acara ramah tamah Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu bersama Ustadz Abdul Somad, Minggu (05/03/2023) lalu.

    Penandatanganan prasasti tersebut disaksikan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, Ustadz Lukmanulhakim dan sejumlah tamu yang hadir dalam acara ramah tamah tersebut.

    Prasasti Baitul Qur'an Ka'bah At-Taqwa Ashqaf Munzalan, Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Mualaf (YP2M) At-Taqwa Kapuas Hulu
    Ketua Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Mualaf (YP2M) At-Taqwa Kapuas Hulu, yang juga Ketua Lembaga Persaudaraan Pembinaan Muallaf (LP2M) Kabupaten Kapuas Hulu, Ustadz Indra Abdurahman alias Yohanes Soter, yang dijuluki Da'i mualaf pedalaman Kalimantan Kapuas Hulu itu, menyatakan, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada UAS dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu beserta pihak panitia tabligh akbar dan pihak-pihak lainnya, atas telah ditandatanganinya prasasti tersebut.

    "Saya tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata saking sangat bahagianya bahkan saya sampai meneteskan air mata saat UAS menandatangani prasasti itu, dimana atas izin Allah, bangunan untuk kita para mualaf yang meskipun berada di ujung negeri ini namun telah ditandatangani langsung oleh UAS. Hal tersebut tentunya menjadi sangat mamacu dan memotivasi para mualaf sehingga saat ini mereka sudah mulai bangkit dan semakin bersemangat, yang mana tidak seperti sebelumnya," ujarnya, ditemui di Putussibau, Selasa (14/03/2023).

    Pada momentum tersebut pula, Ustadz Indra Abdurahman mengaku bahwa ada yang paling menyentuh hatinya, yaitu prasasti pertama yang ditandatangani oleh UAS ialah prasasti Baitul Qur'an Ka'bah At-Taqwa Ashqaf Munzalan, Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Mualaf At-Taqwa Kapuas Hulu, diantara beberapa prasasti lainnya yang juga ditandatangani oleh UAS pada saat Itu.

    "Saat itu pulalah saya merasa bangga dan menangis terharu karena bahagia, dimana saat ini para mualaf dapat bangkit kembali untuk mempelajari ilmu agama Islam," tuturnya.

    Ustadz Indra berharap kepada UAS, untuk sudi kiranya hadir kembali ke Kapuas Hulu, khususnya di Baitul Qur'an Ka'bah At-Taqwa Ashqaf Munzalan, Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Mualaf (YP2M) At-Taqwa Kapuas Hulu, setelah pembangunannya rampung nantinya.

    "Mewakili keluarga besar mualaf Kabupaten Kapuas Hulu, kami sangat-sangat mengharapkan kembali kehadiran UAS di Bumi Uncak Kapuas, khususnya di Baitul Qur'an Ka'bah At-Taqwa Ashqaf Munzalan, Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Mualaf (YP2M) At-Taqwa Kapuas Hulu, karena para mualaf masih sangat merindukan kehadiran beliau (UAS)," terangnya.

    Ia menjelaskan, saat ini, Baitul Qur'an Ka'bah At-Taqwa Ashqaf Munzalan, Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Mualaf At-Taqwa tersebut, masih dalam tahap pembangunan, yang pembangunannya diperkirakan rampung sebelum tahun 2023 ini berakhir.

    "Kita masih berharap banyak dukungan dari para donatur dan pihak-pihak lainnya, untuk menyelesaikan pembangunan yayasan ini," harap Ustadz Indra.

    Dijelaskannya lebih lanjut, untuk kegiatan yang paling khusus yang akan dilakukan di yayasan tersebut nantinya ialah tempat pengajian bagi para mualaf dan muslim pedalaman, serta menghafal Al-Qur'an untuk anak-anak yatim di seluruh Kapuas Hulu.

    "Bahkan beberapa hari lalu kita sudah bertemu perwakilan dari Malaysia, yang insyaallah nanti anak-anak mereka ingin didatangkan ke sini dan mereka akan dititipkan ke yayasan ini untuk belajar mengaji, dimana nanti kita akan mendatangkan pengajian (guru ngaji) dari pondok pesantren terkenal," jelasnya.

    Ia memaparkan, di yayasan tersebut, nantinya juga akan menjadi tempat pelatihan manasik umroh dan haji. Selain itu, juga akan menjadi wisata religi dari negara Jiran, baik dari negara Malaysia, Singapura, bahkan dari Filipina dan juga akan menjadi pusat dakwah internasional di Kapuas Hulu.

    Adapun terkait jumlah mualaf di Kapuas Hulu, Ustadz Indra memaparkan, bahwa sampai saat ini jumlah mualaf di Kapuas Hulu yang terdata, berkisar tiga ribuan mualaf, dimana sebelumnya seribuan lebih.

    "Alhamdulilah hampir setiap hari ada warga yang masuk Islam, khusus yang ditangani kita sendiri atau khususnya yang ditangani saya pribadi, sampai saat ini sebanyak 1.057 orang dan dalam waktu dekat ini (sebelum puasa), ada lagi satu warga Kapuas Hulu yang akan masuk Islam," paparnya.

    Ustadz Indra juga berharap kepada pemerintah daerah, para donatur dan pihak-pihak lainnya, agar terus selalu bersama-sama dalam mendukung dan memfasilitasi tahapan pembangunan yayasan ini, dimana selama ini pemerintah daerah Kabupaten Kapuas Hulu pada umumnya sangat-sangat mendukung, khususnya Wakil Bupati Kapuas Hulu.

    "Beliau (Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat) selama ini sangat antusias dalam memberi dukungan kepada para mualaf bahkan beliau sering turun tangan langsung dalam memberikan dukungan kepada para mualaf di Kapuas Hulu ini," tutur Ustadz Indra Abdurahman.

    Adapun Baitul Qur'an Ka'bah At-Taqwa Ashqaf Munzalan, Yayasan Pendidikan dan Pembinaan Mualaf At-Taqwa tersebut, beralamat di Jalan Lintas Utara, Dusun Tanjung Pandan, Desa Sibau Hulu, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan