Recent comments

  • Breaking News

    Wujudkan Pemilu 2024 Lancar, Bupati Sis Minta Camat Bangun Koordinasi dengan Semua Pihak

    Sertijab Camat Silat Hulu dan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Silat Hulu, dari Pejabat lama kepada Pejabat baru.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menghadiri acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Camat Silat Hulu dan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kecamatan Silat Hulu, dari Pejabat lama Allukmanul Hakim dan Ny. Lely Dimiyati Allukmanul Hakim, kepada Pejabat baru Yohanes Midi Yusrianto Jimmy Lakun dan Ny. Kristiana Ribas, bertempat di Aula Kecamatan setempat, Kamis (30/03/2023).

    Pada kesempatan tersebut, Bupati mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK yang sebelumnya, yang telah melaksanakan dan mengakhiri tugas-tugas pemerintahan sebagai Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Silat Hulu.

    "Saya juga mengucapkan selamat melaksanakan tugas sebagai Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK yang baru, dimana tugas-tugas besar sebagai Camat di sini sudah menunggu," ucap Bupati.

    Pada kesempatan itu pula, Bupati berpesan kepada Tim Penggerak PKK yang baru, agar pembinaan semakin ditingkatkan.

    "PKK sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga, dimana tujuan utama PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera. Oleh karena itu, saya berharap kepada Tim Penggerak PKK yang baru agar dapat melanjutkan tugas mewujudkan visi misi gerakan PKK dan melaksanakan 10 program pokok PKK," tegas Fransiskus Diaan.

    Khusus kepada Camat, Bupati menyatakan, sebagai seorang pimpinan di Kecamatan, Camat merupakan pemimpin bagi aparatur dan masyarakat.

    "Peran Camat sangat berpengaruh terhadap proses bekerjanya suatu sistem aparatur dalam menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan sehingga akan terwujud kualitas kerja yang menjadi tujuannya," ujar Fransiskus Diaan, yang karib disapa Sis itu.

    Menurutnya, Camat merupakan perpanjangan tangan Bupati dan menjadi ujung tombak pemerintahan di Kecamatan, agar dapat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dalam bentuk karya nyata, sehingga masyarakat dapat merasakan pelayanan prima.

    "Seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan kepada masyarakat, Kecamatan semakin dituntut untuk mengoptimalkan pelayanan," tutur Bupati.

    Adapun proses mutasi maupun promosi dalam pengisian jabatan, Bupati menjelaskan, merupakan hal yang lumrah dilakukan, terlebih ketika dikaitkan dengan sebuah organisasi.

    "Demikian pula halnya dengan pengisian jabatan Camat di Kecamatan Silat Hulu ini, disamping merupakan kebutuhan organisasi dalam melakukan penyegaran, juga merupakan langkah pembinaan karir pegawai," jelasnya.

    Bupati berharap kepada Yohanes Midi Yusrianto Jimmy Lakun, selaku Camat yang akan bertugas, agar dapat membina pelaksanaan pelayanan administrasi di Kecamatan yang dipimpinnya sehingga dapat berjalan dengan baik serta diharapkan lebih memberikan pengaruh yang benar-benar dirasakan oleh masyarakat sebagai kemudahan.

    "Berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah maupun Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2018 tentang Kecamatan, bahwa Camat melaksanakan tugas yang dikenal dengan tugas atribut dan tugas delegatif, dimana tugas atribut merupakan tugas yang melekat, sedangkan tugas delegatif merupakan tugas yang didelegasikan oleh Bupati untuk dilaksanakan Camat. Oleh sebab itu, saya sangat berharap kepada para Camat, agar betul-betul memahami tugasnya," kata Bupati

    Pada kesempatan itu pula, terkait dengan kondisi alam saat ini, yang rawan terjadi bencana, Bupati meminta kepada para Camat di Kapuas Hulu, agar selalu memantau wilayahnya masing-masing yang berpotensi terjadinya bencana.

    "Bencana merupakan hal yang terjadi di luar kendali kita, namun kita dapat mengantisipasinya dengan cara siap siaga dan waspada. Untuk itu, saya minta kepada para Camat agar selalu memantau wilayahnya yang berpotensi bencana, dimana Camat memiliki peranan penting dalam hal koordinasi kebencanaan. Karena, koordinasi yang tepat sama halnya dengan menyelamatkan masyarakat, minimal menghindari adanya korban jiwa dalam setiap bencana yang terjadi," ungkap Fransiskus Diaan.

    Bupati menyadari, tugas Camat menjadi cukup berat, khususnya di tahun 2024 mendatang, dimana akan diadakan Pemilu serentak.

    "Sekali lagi saya sampaikan, Camat harus membangun koordinasi yang baik dengan para pihak termasuk Forkopimcam, dalam rangka mewujudkan kelancaran Pemilu nantinya," pungkas Bupati Fransiskus Diaan. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan