Recent comments

  • Breaking News

    Desa Nanga Tepuai Bagikan BLT-DD, Kades Ingin Ciptakan Pemerintahan yang Good Governance and Clean Government

    Kades Nanga Tepuai, Syamsul Khairul Ihsan (kanan/baju biru) saat melakukan pembagian BLT-DD kepada KPM.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Sebanyak 20 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap dua tahun 2023 Desa Nanga Tepuai, Kecamatan Hulu Gurung, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar, bertempat di kantor Desa setempat,Kamis (11/05/2023).

    Pembagian BLT-DD tahap dua tahun 2023 Desa Nanga Tepuai kepada 20 KPM.
    Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Nanga Tepuai, Ketua Badan Permusyarawatan Desa (BPD), Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa.

    Adapun jumlah nominal BLT-DD yang diterima oleh masing-masing KPM yakni sebesar Rp300 ribu.

    Kepala Desa Nanga Tepuai, Syamsul Khairul Ihsan, mengatakan, Pemerintah Desa Nanga Tepuai tetap menjaga hubungan komunikasi dan keterbukaan informasi ke masyarakat tentang kegiatan-kegiatan desa seperti BLT-DD.

    Selain BLT-DD, Kepala Desa juga menyingung soal persiapan Desa Nanga Tepuai, untuk pembebasan lahan lapangan sepakbola.

    "Perlu diketahui bahwa Desa Nanga Tepuai termasuk Desa Mandiri yang tidak memiliki lapangan sepakbola selama kurun waktu 33 tahun," ujarnya.

    Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa juga menyingung dan mengingatkan soal kinerja para Perangkat Desa, yang harus taat pada peraturan.

    "Bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan dengan sepenuh hati dalam mengabdikan diri sebagai pelayan masyarakat di Desa," pesan Kades.

    Kades meminta kepada masyarakat, untuk tidak segan-segan menegur Perangkat Desa yang apabila ditemukan melakukan pelanggaran-pelanggaran seperti jam-jam kerja yang harusnya bekerja tapi malah keluyuran di luar.

    "Kita memiliki tujuan yang baik kedepannya, yaitu ingin menciptakan Pemerintahan Desa,  khususnya Desa Nanga Tepuai yang good governance and clean government, yakni tata pemerintahan yang baik dan bersih, dimana seluruh aspek yang terkait dengan kontrol dan pengawasan terhadap kekuasaan yang dimiliki Pemerintah khususnya Pemerintah Desa Nanga Tepuai dalam menjalankan fungsinya melalui institusi formal dan informal," tegas Syamsul Khairul Ihsan.

    Sementara itu, Ketua BPD Nanga Tepuai, Oles, mengingatkan masyarakat, khususnya Keluarga Penerima Manfaat, agar BLT-DD tersebut tidak dibelikan barang-barang konsumtif, namun mengutamakan pembelian barang-barang pokok..

    "Apabila ditemukan warga yang menerima BLT-DD ini membeli barang-barang konsumtif, bisa dilakukan pencabutan hak untuk tidak menerima bantuan BLT-DD lagi," terangnya.

    Pada kesempatan yang sama, Pendamping Lokal Desa, Kadir, berharap kepada masyarakat penerima BLT-DD, agar menggunakan bantuan tersebut untuk membeli kebutuhan pokok.

    "Kalau bisa supaya disisihkan juga untuk ditabung, dimana untuk keperluan yang tidak terduga," pesannya.

    Menurut Kadir, apabila ada KPM yang tidak hadir dalam kegiatan pembagian BLT-DD tersebut, tidak boleh diwakilkan.

    "Lebih baik pengurus Desa mendatangi langsung ke rumah yang bersangkutan, dimana bertujuan untuk selain kecocokan data,  juga untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan apabila diwakilkan oleh orang lain," ungkap Kadir. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    kmiklan