Recent comments

  • Breaking News

    Pangalangok Jilah dan Daud Yordan Hadiri Gawai Dayak di Kapuas Hulu

    Rangkaian acara PGD Kabupaten Kapuas Hulu ke-II.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Pangalangok Jilah atau Panglima Jilah, yang merupakan panglima dari organisasi Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) atau dikenal pula dengan Pasukan Merah (PM) itu, turut menghadiri pembukaan Pekan Gawai Dayak (PGD) ke-II Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa (18/07/2023).

    Selain Panglima Jilah, tokoh inspirator lainnya juga turut hadir, yaitu Daud Yordan, yang merupakan atlet tinju profesional kebanggaan Indonesia asal Kalimantan Barat yang memiliki karier cemerlang di dunia tinju profesional tingkat dunia.

    PGD ke-II tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, dimana dalam salah satu kata sambutannya, Bupati Fransiskus Diaan mengapresiasi seluruh panitia yang bekerja dalam melaksanakan Pekan Gawai Dayak tersebut.

    Bupati juga mengapresiasi kehadiran Panglima Jilah dan Daud Yordan serta berbagai pihak lainnya.

    "Kapuas Hulu ini memiliki ragam budaya dan harus dikelola untuk menjadi modal pelestarian budaya, apalagi sub suku Dayak di Kapuas Hulu itu ada 22 sub suku Dayak," katanya.

    Bupati menjelaskan, masing-masing sub suku Dayak memiliki kebudayaannya sendiri, dimana Bujang dan Dara Gawai Dayak Kapuas Hulu yang terpilih, memiliki tugas untuk mempromosikan potensi adat budaya yang ada di Kapuas Hulu.

    "Seluruh suku di Kapuas Hulu wajib mempromosikan budayanya masing-masing karena promosi itu penting agar orang luar mau mengunjungi Kapuas Hulu. Sebab,  potensi budaya yang ada di Kapuas Hulu tidak hanya pada suku Dayak, namun suku lainnya juga," ungkapnya.

    Adapun PGD yang dipusatkan di GOR Uncak Kapuas Putussibau tersebut, akan berakhir pada 22 Juli 2023 mendatang. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan