Recent comments

  • Breaking News

    Banjir, BPBD Kapuas Hulu Imbau Orangtua Awasi Anak, Waspadai Lstrik dan Binatang Berbisa

    Kondisi banjir di Jalan M. Yasin, Putussibau, Kecamatan Putussibau Utara.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan, menyatakan bahwa terdapat beberapa titik wilayah yang terdampak banjir di Kabupaten Kapuas Hulu.

    "Untuk informasi sementara bahwa ada beberapa titik banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu akibat intensitas curah hujan akhir-akhir ini yang cukup tinggi, diantaranya di Kecamatan Putussibau Utara, seperti di Kelurahan Hilir Kantor dan Kelurahan Putussibau Kota, kemudian ada beberapa titik di Kecamatan Putussibau Selatan, seperti di Kampung Jati dan Teluk Barak. Selanjutnya di Kecamatan Kalis, khususnya yang berada di pesisir Sungai Manday dan Sungai Kalis. Kemudian beberapa Desa di Kecamatan Bika, Kecamatan Embaloh Hilir dan Kecamatan Bunut Hilir,' ujar Gunawan, dihubungi di Putussibau, Minggu (3/12/2023).

    Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan.
    Gunawan menjelaskan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu laporan data dari kawan-kawan yang berada di Kecamatan-kecamatan, yang belum seluruhnya menyampaikan laporan.

    "Kami selalu meng-update setiap informasi dan kondisi yang disampaikan kepada kami, baik dari kawan-kawan yang berada di Kecamatan maupun dari BMKG terkait prediksi kondisi cuaca, dengan harapan agar masyarakat mendapatkan informasi tentang intensitas curah hujan yang akhir-akhir ini cukup tinggi. Bahkan, jauh sebelum kejadian, kami sudah menyampaikan surat serta format pelaporan terkait kebencanaan sebagai langkah antisipasi dalam menghadapi bencana terutama bencana banjir," jelas Gunawan.

    Atas kondisi tersebut, Gunawan menghimbau kepada masyarakat, khususnya kepada para orang tua yang memiliki anak kecil yang belum bisa berenang, agar dijaga dan diawasi dengan ketat.

    Gunawan juga mengingatkan masyarakat, agar selalu waspada terhadap jaringan listrik ketika air masuk ke dalam rumah. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk berhati-hati terhadap binatang berbisa seperti ular, lipan maupun binatang berbisa lainnya yang berpotensi masuk ke dalam rumah saat banjir.

    "Pentingnya untuk membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana terutama banjir, untuk meminilisir dampak yang mungkin saja terjadi dari hal-hal yang tidak kita inginkan. Semoga himbaua maupun informasi yang kami sampaikan ini bisa menjadi perhatian kita semua," ungkap Gunawan. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan