Recent comments

  • Breaking News

    Polres Kapuas Hulu Gelar Operasi Keselamatan Kapuas Selama 14 Hari, Dimulai 4 - 17 Maret 2024

    Suasana saat Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan, bertempat di halaman Mapolres setempat.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Polres Kapuas Hulu menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Kapuas 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan, bertempat di halaman Mapolres setempat, Sabtu (02/03/2024).

    Apel tersebut dipimpin oleh Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendarawan.

    Hadir dalam acara tersebut di antaranya Pejabat Utama Polres Kapuas Hulu, Ketua DPRD, beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu dan instasi terkait lainnya .

    Apel itu diikuti sejumlah personil Polres setempat,TNI, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, BPBD, muda-mudi, mahasiswa dan beberapa pelajar SMA 

    Pada kesempatan itu, Kapolres Kapuas Hulu membacakan amanat Kapolda Kalbar, Irjen Pol  Pipit Rismanto, menyatakan bahwa dalam rangka menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah, Polri menggelar Operasi Keselamatan 2024 secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan di wilayah.

    Adapun untuk di Kalimantan Barat sendiri, operasi tersebut diberi nama sandi Operasi Keselamatan Kapuas 2024, yang dilaksanakan selama 14 hari, mulai tanggal 4 Maret 2024 hingga 17 Maret 2024, dengan melibatkan total 765 personel jajaran Polda Kalbar, dengan anggaran sebesar Rp1.595.790 miliar.

    "Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas menjelang masuknya Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah di wilayah hukum Polda Kalimantan Barat," ujar Kapolres Kapuas Hulu, saat membacakan amanat Kapolda Kalbar tersebut.

    Dijelaskannya, operasi tersebut melibatkan berbagai instansi terkait, dengan pendekatan yang bersifat simpatik, persuasif dan humanis terhadap pengguna jalan, di mana neberapa arahan diberikan kepada seluruh personel yang melaksanakan operasi, tersebut, di antaranya yakni melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan menanamkan dalam diri bahwa melakukan Operasi Keselamatan Kapuas 2024 adalah sebuah kehormatan dan ladang amal ibadah bagi semua.

    "Selain itu, juga menyiapkan performa terbaik masing-masing personel, menerapkan sistem buddy dan mempedomani SOP, agar siap merespon permasalahan masyarakat yang berkaitan dengan lalu lintas," jelas Kapolres.

    Lebih lanjut dipaparkan, operasi tersebut juga bertujuan untuk melakukan deteksi dini, lidik, pengamanan, serta pemetaan terhadap lokasi yang rawan kecelakaan dan kemacetan; pelanggaran.

    Menurut Kapolres, pihaknya juga menggencarkan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas melalui media cetak, media elektronik dan media sosial.

    "Kita juga menjalin langkah-langkah partnership, kerja sama, sinergi, kolaborasi dan soliditas dengan pihak-pihak yang terlibat, sehingga memberikan penyelesaian yang solutif terhadap permasalahan lalu lintas," paparnya.

    Kapolres berharap kepada masyarakat, supaya menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, sebagai teladan bagi masyarakat lainnya dalam patuh berlalu lintas.

    "Mewakili Kapolda Kalbar, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh personel, mitra, stakeholder dan seluruh pihak terkait yang terlibat dalam Operasi Keselamatan Kapuas 2024 ini," ucap Kapolres.

    Sementara itu, Kasatlantas Polres Kapuas Hulu, Iptu Cahya Purnawan menjelaskan bahwa pihaknya tentunya akan melakukan peningkatan pengawasan terhadap kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas, serta menyebarluaskan informasi tentang keselamatan berkendara kepada masyarakat.

    "Hal ini dilakukan untuk mengurangi pelanggaran dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan berkendara," jelas Iptu Cahya.

    Adapun untuk mencapai target, lanjut Cahya, butuh sebuah kerjasama antara pihak kepolisian dan masyarakat.

    Oleh karena itu, ia menghimbau kepada masyarakat, untuk meningkatkan kesadaran dan disiplin dalam berkendara, serta mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku.

    "Kami berharap kepada masyarakat, agar dapat mendukung program operasi keselamatan Kapuas 2024 ini, serta dapat menjadi bagian dari upaya kami untuk mengurangi jumlah kecelakaan di Kapuas Hulu," imbaunya.

    Operasi Keselamatan Kapuas 2024 tersebut, tambah Iptu Cahya, diharapkan pula dapat memberikan hasil yang signifikan dalam meningkatkan keselamatan berkendara di wilayah Kapuas Hulu.

    Selain itu, program tersebut juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di wilayah tersebut.

    Menurutnya, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memiliki peran penting dalam menjamin keamanan dan keselamatan pengendara di jalan raya, di mana selain melakukan pengawasan, Polri juga melakukan sosialisasi dan kampanye, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dalam berkendara demi mewujudkan keamanan dan keselamatan di jalan raya. (Noto)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    kmiklan
    kmiklan

    Post Bottom Ad

    kmiklan