Recent comments

  • Breaking News

    Bimtek PTK-PAUDNI Se Kapuas Hulu

    Putussibau (Berita Uncak) - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kapuas Hulu mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendidikan Taman Kanak-Kanak (PTK) dan Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Informal (PAUDNI) se-Kabupaten Kapuas Hulu yang dilaksanakan dari tanggal 2-4 Mei 2016, bertempat di Gedung Graha Kopri Putussibau Jalan Rahadi Usman Putussibau Utara.

    Adapun manfaat dan tujuan bimtek kali ini sangat tepat guna peningkatan mutu pendidikan serta layanan secara menyeluruh untuk mendukung upaya pengembangan pada aspek pengasuhan, kesehatan, pendidikan dan perlindungan pada pelayanan pendidikan anak usia dini, tutur M.Jumran H.,S.Pd,M.Si, Sekretaris Disdikpora Kabupaten Kapuas Hulu saat membuka kegiatan Bimtek PTK-PAUDNI tahun 2016.

    Ditambahkan Jumran, berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, jelas mengamanatkan bahwa PAUD harus dipersiapkan secara terencana sebagai dasar bagi anak memasuki pendidikan lebih lanjut. 

    "Untuk mendukung upaya pengembangan dimaksud harus dilakukan salah satu kegiatan pendidikan secara terencana sehingga bisa tercipta kualitas managemen pengelolaan lembaga PAUD yang akan berdampak langsung pada pelayanan pendidikan anak usia dini," katanya.

    Dari data awal tahun 2016 bahwa jumlah satuan PAUD Formal (TK Negeri/Swasta) sebanyak 35 lembaga, lembaga PAUD Non Formal (Kelompok Bermain) sebanyak 160 lembaga yang tersebar di 23 Kecamatan dan 172 desa/Kelurahan. Berarti masih ada 106 Desa yang belum memiliki PAUD dan baru 108 satuan/lembaga PAUD yang sudah memiliki Nomor Pokok Satuan Nasional (NPSN), jelas Jumran.

    "Harapan kita kedepan ada satu Desa satu PAUD dapat terpenuhi dan tahun ini juga ada satuan PAUD khususnya TK Negeri maupun Swasta sudah terakreditasi," harapnya.

    Selanjutnya bagi lembaga PAUD yang ada harus bisa memanfaatkan dana Bantuan Operasional Penyelenggara (BOP) PAUD serta pertanggungjawaban laporan penggunaan dana harus sesuai dengan juknis, jangan sampai terjadi penyimpangan yang berakibat temuan, paparnya.

    "Oleh karena itu, ikutilah dengan sungguh-sungguh untuk selanjutnya dapat diterapkan apa yang diperoleh pada kegiatan bimtek ini di satuan/lembaga PAUD nya masing-masing," pintanya.

    Sesuai tema kali ini, Melalui Bimtek PTK-PAUDNI "Kita Tingkatkan Manajemen Pengelolaan Satuan Lembaga PAUD Menuju PAUD Yang Berkualitas," saya mengharapkan sekali lagi kepada seluruh jajaran di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kapuas Hulu, juga peserta yang hadir agar membantu dan terus berupaya meningkatkan mutu layanan demi kemajuan PAUD yang berkualitas, pungkasnya. (Amrin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro