Recent comments

  • Breaking News

    Agus Aryanto Terpilih Ketua MABM Batang Lupar

    Foto : Rapat pemilihan dan pembentukan pengurus MABM Kecamatan Batang Lupar/ (Amrin)
    Putussibau (uncak.com)Agus Aryanto terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kecamatan Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu dalam rapat pembentukan dan pemilihan ketua, di gedung Balai Adat Lanjak, Sabtu (16/7/16) pukul 19.30 Wib.

    Acara tersebut dihadiri oleh Camat Batang Lupar beserta seluruh tokoh dan masyarakat melayu khususnya yang berada di pusat kota kecamatan di dua desa yaitu Lanjak Deras dan Sepandan yang berjumlah sekitar 30 orang.

    Ketua terpilih Agus mengatakan, ia berjanji untuk menjalankan roda organisasi ditingkat Kecamatan yang dipercayakan kepadanya. “Target kita untuk mencapai SDM yang beradat dan berbudaya serta mengharmonisasikan sesama etnis dan agama di Kabupaten Kapuas Hulu khususnya Kecamatan Batang Lupar ini,” katanya.

    Selama ini memang pengurus MABM belum pernah dibentuk khususnya ditingkat kecamatan, maka kita ingin dengan pembentukan ini bisa memberikan nilai positif terhadap budaya kita. Kita ketahui Kapuas Hulu ini multi etnis atau suku, maka corak budaya kita khususnya budaya melayu harus kita tonjolkan juga. Sebab, pengurus dewan adat lainnya seperti Dewan Adat Dayak (DAD) beberapa periode ini memang sudah terbentuk, sehingga untuk mengembangkan suatu kebudayaan sudah ada wadahnya sebagai kontrol khususnya di tiap-tiap wilayah Kecamatan, jelasnya.

    “Setelah nanti di SK kan oleh MABM Kabupaten Kapuas Hulu, baru kita akan melakukan koordinasi kepengurusan untuk mengevaluasi sekaligus membuat program kerja kedepan sesuai dengan bidang-bidang yang ada,” ucap Agus.

    Kita juga akan berkoordinasi dengan para tokoh adat dan penggawa yang ada untuk bersama-sama kedepannya untuk mengembangkan seni dan budaya serta adat istiadat melayu yang ada di Kapuas Hulu khususnya yang ada di Kecamatan Batang Lupar ini, ungkapnya.

    “Dalam hal ini juga bukan berarti kita ingin menyaingi suku-suku lain yang ada terutama suku Dayak, tapi bagaimana kita bersama-sama saling berkalaborasi antar suku yang ada, sekaligus juga sebagai ajang silaturahmi agar persatuan dan kesatuan kita tetap terjaga,” katanya.

    Ayah Agus sapaan akrabnya, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk untuk menyatukan langkah bagaimana mempertahankan seni dan budaya melayu yang ada di Kapuas Hulu khususnya di Batang Lupar ini, sehingga budaya dan seni melayu yang selama ini tetap lestari dan bisa dikenal terus oleh anak cucu kita atau generasi kita yang akan datang, harapnya.

    “Paling tidak dengan telah terbentuknya kepengurusan MABM Kecamatan Batang Lupar ini, kedepan bisa memberikan nilai positif bagi pengembangan seni dan budaya melayu, sekaligus sebagai generasi pewarisan nilai budaya kepada generasi muda agar eksistensinya diakui oleh budaya yang lain. Kami selaku Muspika Batang Lupar tetap mendukung setiap kegiatan yang berkaitan dengan seni dan budaya yang ada di Kapuas Hulu, sebab ini juga merupakan program Pemerintah,” tambah Gunawan, S.Sos, Camat Batang Lupar, saat menghadiri rapat pemilihan Ketua MABM Kecamatan Batang Lupar. 

    [ Amrin ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro