Recent comments

  • Breaking News

    Pemkab Kapuas Hulu Gelar Acara Halal Bihalal

    Perayaan Halal Bihalal yang digelar Pemkab Kapuas Hulu di Pendopo Bupati/ (Amrin)
    Putussibau (uncak.com) – Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1437 H/2016 M, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu melaksanakan acara Halal Bihalal di Rumah Dinas atau Pendopo Bupati Kapuas Hulu, Jalan Melati nomor 1 Putussibau, Kamis (14/7/16) pukul 20.00 Wib.
     
    Acara ini mendatangkan penceramah Agama Habib Muhammad Bin Abdurrahman Al-Qadri dari Pontianak Kalbar, dihadiri juga oleh Wabup Kapuas Hulu Antonius L.Ain Pamero beserta istri, Pimpinan DPRD Kapuas Hulu beserta Anggota, Kapolres Kapuas Hulu, Kasdim 1206/Psb, Kajari Kapuas Hulu, Pimpinan SKPD Kapuas Hulu, Forkopimda Kapuas Hulu, para Asisten, Kabag serta Camat se Kapuas Hulu, Pimpinan Instansi Vertikal, Ketua MUI Kapuas Hulu, Pimpinan Organisasi Politik, Ormas, Organisasi Pemuda, Organisasi Wanita, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta seluruh tamu undangan dari berbagai lapisan dan unsur.


    Dalam laporannya, ketua Panitia Halal Bihalal H.Hasan M, menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan Halal Bihalal tahun 2016 ini berdasarkan Keputusan Bupati Kapuas Hulu Nomor 313 Tahun 2016 Tanggal 10 Juni 2016, Tentang Pembentukan Panitia Halal Bihalal Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 1437 Hijriyah/2016 Masehi.

    Tema kegiatan Halal Bi Halal tahun 2016 ini  adalah Dengan Semangat Halal Bihalal Kita Satukan Langkah Dalam Membangun Kabupaten Kapuas Hulu Yang Lebih Sejahtera, Berdaya Saing dan Harmonis. “Tema ini kita angkat dari visi-misi Bupati Kapuas Hulu periode 2016-2021,” kata Hasan.


    Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan Halal Bihalal yaitu merupakan rangkaian kegiatan dari Hari Raya Idul fitri yang merupakan simbol dari saling memaafkan, dengan tujuan menjalin silaturrahmi atau menyambung silaturrahmi yang terputus, memperkokoh nilai persaudaraan, nasionalisme, sekaligus mengikis potensi perpecahan yang dikarenakan perbedaan suku, agama dan kebudayaan, sehingga kita bisa bersatu membangun Kapuas Hulu ini, jelasnya.


    “Atas nama ketua panitia saya mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak yang sudah membantu untuk mensukseskan kegiatan ini,” ucap Hasan.


    Dalam sambutannya, Bupati Kapuas hulu Abang Muhammad Nasir,SH menyampaikan permohonan maaf dan berterima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab Kapuas Hulu juga kepada seluruh tamu undangan yang hadir pada acara Halal Bihalal tersebut. Dengan acara ini, mari membangun rasa persatuan serta semangat optimis sebagai momentum dalam memperkokoh hubungan silaturahmi.


    “Karena mungkin keterbatasan waktu kami untuk mengunjungi satu per satu, maka kita lakukan acara ini untuk bersilaturrahmi saling bermaafan,” ucap Nasir.


    Nasir juga berharap untuk para jajarannya agar selalu memegang amanah dalam meningkatkan kinerjanya lebih baik lagi kedepan, untuk membangun masyarakat yang sejahtera.


    Ditambahkan Nasir, pelaksanaan Halal Bihalal 1437 H/2016 M merupakan yang pertama kali kami laksanakan dirumah dinas Bupati Kapuas Hulu bersama Wabup Kapuas Hulu di periode kedua Nasir, sebab biasanya kita selalu melaksanakan Halal Bihala di dalam gedung.


    “Untuk tahun ini, acara Halal Bihalal sedikit kita rubah pola waktu pelaksanaannya. Sebab, biasanya Pemerintah Daerah lakukan diakhir bulan Syawal bahkan sudah lewat. Maka saya meminta kepada panitia untuk merubah waktu pelaksanaannya diawal bulan Syawal, paling cepat satu minggu setelah Lebaran,” katanya.


    Kalau diakhir Syawal atau sudah lewat, semangat keindahan berlebaran sudah berkurang. Tetapi kalau kita laksanakan seminggu setelah Idul Fitri semangat kita merayakannya masih luar biasa, jelas Nasir.


    Mulai dari awal puasa, Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu juga sudah membentuk tim pengendalian harga barang untuk mengantisipasi lonjakan harga komoditi dan kebutuhan pokok. Hal ini kita lakukan jangan sampai momen puasa dan lebaran dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok tertentu untuk meraup keuntungan, sehingga memberatkan bagi masyarakat yang tingkat ekonominya menengah kebawah. “Makanya kita juga sering melaksanakan kegiatan pasar murah untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya selama bulan puasa,” tuturnya.


    Selain itu, untuk mengantisipasi lonjakan terutama harga daging sapi yang mahal jelang lebaran kemarin, Pemda langsung mengambil langkah untuk mengalokasikan dana guna membantu masyarakat khususnya di empat Kelurahan Putussibau dan Kedamin dengan membeli empat ekor sapi yang harganya kita subsidi. “Harga daging sapi jelang lebaran naik drastis menjadi Rp180 ribu/kg dipasaran, dengan bantuan tersebut kita jual kepada masyarakat dengan harga Rp100 ribu/kg,” ungkap Nasir.


    Inilah salah satu upaya kita Pemda Kabupaten Kapuas Hulu dalam membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya terutama jelang puasa dan lebaran maupun hari besar lainnya ketika harga kebutuhan pokok mulai naik, cetusnya.


    “Melalui acara Halal Bihalal ini juga, kami mengharapkan kepada kita semua mohon dukungan dan doa terutama bagi saya dan pak Anton untuk memimpin Kapuas Hulu, sebab banyak tugas dan program yang mesti kita bangun bersama sesuai dengan tugas dan fungsi kita masing-masing, harapnya.

    (Amrin)

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad