Recent comments

  • Breaking News

    Guru PAI Jangan di Anggap Remeh

    Putussibau (uncak.com) – Guru Agama Islam adalah sosok pendidik luar biasa yang dapat menghantarkan para siswanya menjadi anak menjadi dewasa dari sisi jasmani maupun rohani.  Ini merupakan tujuan dari pendidikan agama islam yaitu mendidik anak menjadi seorang muslim dan muslimat yang beriman, bertaqwa dan berakhlaq mulia.
    Karakter  yang demikian sangat dibutuhkan bagi bangsa dalam rangka membangun dan menciptakan kader-kader penerus cita-cita luhur bangsa.  Apa jadinya bila para penerus bangsa tidak memiliki iman yang baik, tidak bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki perangai dan tingkah laku buruk dan arogan.
    Oleh karenanya, jangan sampai kita menganggab remeh terhadap para Guru PAI kita,  karena peran dan fungsi mereka dalam rangkat membangun bangsa ini sangatlah utama.

    Pernyataan diatas disampaikan oleh Kasi Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kapuas Hulu Drs. Rauf yakni pada hari Selasa 12 Juli 2016. Saat kami berkunjung keruanganya, beliau masih sibuk dengan tugas rutinya, tetapi Alhamdulillah beliau berkenan menerima kami tidak kurang dari 20 menit. 

    Guru merupakan PAI merupakan garda terdepan dalam rangka menciptakan kualitas sumber daya manusia. Guru PAI bukan hanya dituntun untuk memberikan materi semata, tetapi lebih dari pada itu, mereka harus membimbing siswa mereka agar memiliki nurani keislaman yang baik dan naluri kesholihan yang sempurna.  
    Mereka bukan hanya mengajar tapi juga mendidik, mereka bukan hanya membina tapi juga mengarahkan, mereka bukan hanya berbicara tapi juga memberi tauladan, itulah sejatinya Guru PAI, menurut Rauf.

    Dunia pendidikan dewasa ini berkembang semakin pesat dan semakin kompleksnya persoalan pendidikan yang dihadapi bukanlah tantangan yang dibiarkan begitu saja, tetapi memerlukan pemikiran yang konstruktif demi tercapainya kualitas yang baik.  

    Maka dituntut seorang guru yang komitmen terhadap profesionalisme dalam mengemban tugasnya, guru yang mampu menjelaskan hahekat ilmu pengetahuan yang diajarkanya, menjelaskan dimensi teoritis dan praktisnya serta berusaha membangkitkan siswa untuk mengamalkanya. ujar beliau.

    Khusus daerah terpencil seperti di Kapuas Hulu, masih banyak Guru-guru PAI kita yang harus diperhatikan dari sisi kesejahtraannya.  Perhatian ini dalam rangka untuk membantu meringankan beban ekonomi mereka dan pemberi semangat kepada mereka.  Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Guru-guru PAI yang berada di daerah terpencil, masih tetap konsisten dan bersemangat dalam menjalankan tugas. Semoga Allah membalas pengabdian mereka dengan balasan pahala yang luar biasa. 

    “Saya sangat berharap, dimasa yang akan datang akan bertambah lagi Guru-guru PAI yang profesional, yang mampu menjadi motor penggerak pendidikan di nusantara ini.  Sehingga cita-cita dan mimpi kita semua manjadi bangsa yang baldatun toyibatun warabbun ghafur akan terlaksana," imbuh Kasi berdarah Sulawesi.

    [ kalbar.kemenag.go.id ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak