Recent comments

  • Breaking News

    Perlu Perhatian Khusus Bagi Masyarakat di Wilayah Taman Nasional

    Foto: Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu,Stepanus/ (Amrin)
    Putussibau (uncak.com) - Anggota DPRD Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Stefanus mengungkapkan, kehadiran Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) dan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) di wilayah setempat selama ini belum maksimal memperhatikan masyarakat di sekitar kawasan tersebut.

    Menurut Stef sapaan akrabnya, seharusnya lembaga konservasi seperti LSM Dunia peranannya mesti dimaksimalkan dalam pemberdayaan masyarakat. "Masyarakat di sekitar kawasan taman nasional berhak mendapatkan perhatian khusus untuk kehidupan dan kesejahteraan yang lebih layak," ucapnya.

    Dia minta realisasikan anggaran luar negeri dan maksimalkan peranan lembaga konservasi sehingga mendatangkan manfaat nyata bagi masyarakat Kapuas Hulu. Potensi wisata di dua taman nasional tersebut sebenarnya sangat luar biasa, namun dirinya menyayangkan potensi itu belum di kelola dengan baik.

    "Kapuas Hulu ini sebenarnya tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia, kendalanya peranan pihak terkait dalam konservasi tersebut sama sekali belum maksimal," katanya.

    Dijelaskan Stef, untuk persoalan tersebut perlu adanya komitmen atara Pemerintah dan pihak lembaga konservasi seperti NGO, WWF, pihak TNBK, TNDS maupun masyarakat itu sendiri, sehingga tidak ada kesan Kapuas Hulu hanya sebagai penonton, seluruh masyarakat khususnya di sekitar kawasan hutan lindung atau taman nasional benar-benar dapat menikmati kontribusi dunia terhadap kabupaten konservasi.

    Meksipun demikian, Stefanus juga berpesan kepada masyarakat harus merubah pola pikir dan tidak hanya berpikir instan. " Semuanya harus sinergi, bagaimana caranya kawasan tetap terjaga serta kesejahteraan masyarakat juga dapat di jamin dunia, itu yang terpenting," tegasnya. 

    [ Amrin ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro