Recent comments

  • Breaking News

    Putussibau Selatan Lakukan Monitoring Pelaksanaan DD Tahap I

    Foto : Camat Putussibau Selatan Iwan Setiawan, lakukan monitoring pelaksanaan DD di Desa Tanjung Jati / (Amrin)
    Putussibau (uncak.com) – Pemerintah Kecamatan Putussibau Selatan Kabupaten Kapuas Hulu melakukan Monitoring terhadap penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2016. Kegiatan tersebut dilakukan guna memantau hasil kerja yang dilakukan pihak desa dalam penerapan anggaran DD sesuai Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis).

    Camat Putussibau Selatan H.Iwan Setiawan mengatakan, monitoring tersebut kita lakukan untuk melihat pekerjaan tahap I (pertama) disetiap desa yang sudah selesai pengerjaannya, yang mana banyak difokuskan pada pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum lainnya yang berupa fisik.


    “Saat ini baru 3 desa dari 14 desa yang ada di Kecamatan Putussibau Selatan yang kita lakukan monitoring terhadap pekerjaan mereka. Diantaranya, Desa Jaras, Desa Sungai Uluk dan Desa Tanjung Jati,” kata Iwan.

    Sedangkan untuk desa yang lainnya dilakukan oleh masing-masing Pendamping Desa (PD) yang ada untuk memantau pelaksanaanya, apakah sudah sesuai dengan bistek atau RAB mereka. Setelah pekerjaan sudah selesai baru dari pihak Kecamatan turun melakukan monitoring,  jelasnya.

    “Khusus untuk desa Hulu Kapuas dengan jarak yang jauh serta biaya yang mahal, kita lakukan monitoring sekaligus kunjungan nantinya,” tutur Iwan.

    Selain itu, dari tiga desa yang sudah kami lakukan monitoring Alhamdulillah tidak ada kendala bagi desa dalam pelaksanaannya, bahkan boleh dikatakan 100 persen bisa dilaksanakan semua sesuai dengan yang diharapkan. Kalaupun masih ada yang kurang atau belum sesuai, kita meminta mereka untuk memperbaikinya, tambahnya.

    “Pekerjaan yang kita monitoring memang fokus pada pembangunan fisik, seperti jalan rabat beton, jembatan, turab jalan serta pembangunan rumah ibadah seperti gereja, katanya.

    Dalam pengerjaannya ada dengan swadaya masyarakat atau gotong royong dan ada juga dikerjakan dengan harus digajih. Sebab, ada pekerjaan yang memang tidak semua masyarakat bisa mengerjakannya, tuturnya.

    Foto : Monitoring pelaksanaan Dana Desa Kecamatan Putussibau Selatan / (Amrin)
    “Kita berharap juga kepada desa-desa lain dalam pengelolaan Dana Desa tahap I (pertama), agar bisa melaksanakan pekerjaannya sesuai dengan juklak maupun juknis yang ada, sehingga apa yang kita harapkan bersama bisa terlaksana dengan maksimal dan bermanfaat bagi masyarakat,” harap Iwan.  

    [ Amrin ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad

    Uncak