Recent comments

  • Breaking News

    Dispertanak Kapuas Hulu Gelar Lomba Anjing Dan Kucing Sehat

    Foto: Dispertanak Kapuas Hulu adakan Lomba hewan kesayangan anjing dan Kucing Sehat, dalam rangka pencanangan vaksin rabies. (uncak.com / Amrin)
    Kapuas Hulu [uncak.com] – Dalam rangka pencanangan vaksin rabies, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Kapuas Hulu menggelar lomba hewan kesayangan yaitu Anjing dan Kucing Sehat, sekaligus memberikan pelayanan kesehatan hewan gratis di halaman kantor Dispertanak Jalan Pendidikan Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (5/10/16).

    Adapun tujuan lomba ini agar masyarakat mulai sadar akan binatang peliharaannya seperti kucing, anjing serta hewan lainnya yang penular rabies agar terpelihara dengan baik. Selain itu, memberikan edukasi pada masyarakat dan pecinta hewan mengenai penyakit rabies yang membahayakan, tutur Drs.Abdurrasyid, MM, kepada media ini dikantornya, Rabu (5/10).

    “Kami ingin mengedukasikan kepada masyarakat agar sadar mengenai kesehatan dan kebersihan hewan setiap harinya terutama hewan peliharaan atau kesayangannya agar kesehatannya tetap terjaga terhadap penyakit rabies,” kata Rasyid.

    Oleh karena itu, sejak dini masyarakat harus diingatkan akan bahaya penyakit rabies, sebab untuk hewan anjing 90 persen menularkan rabies dan 10 persen untuk hewan kucing maupun hewan lainnya seperti kera, jelasnya.

    Menurut Rasyid, dengan kegiatan lomba ini merupakan dari tindaklanjut kita dalam rangka pencanangan rabies se Kapuas Hulu, karena di Kapuas Hulu ini berdasarkan hasil uji coba lab ada 3 tempat yaitu Kecamatan Seberuang, Semitau dan silat Hulu yang positif rabies, termasuk juga Desa Padua Mendalam Kecamatan Putussibau Utara. Selain itu untuk membangkitkan kesadaran masyarakat agar datang kepada petugas kita untuk membawa hewan peliharaannya diperiksa kesehatannya dengan memberikan vaksin.

    Dalam penanganan rabies ini, Kapuas Hulu dibantu secara Nasional yaitu dari Banjar Baru sebanyak 4 orang tenaga untuk memvaksin hewan seperti anjing maupun kucing selama 3 hari untuk didaerah Kecamatan Silat Hulu dan Silat Hilir, ungkapnya.

    “Untuk pelayanan bagi masyarakat yang ingin memvaksin hewannya kita akan meluncurkan Posyandu Rabies di tiap-tiap Kecamatan, sehingga masyarakat bisa memvaksin hewannya jangan sampai dibiarkan karena menyangkut kesehatan dan keselamatan kita juga,” jelas Rasyid.

    Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang memelihara anjing, kucing maupun hewan penular rabies lainnya agar bisa memelihara hewannya dengan baik dan betul. Kemudian mau memvaksin hewannya dipos-pos kita di tiap kecamatan, karena vaksin ini gratis tidak di bayar. “Kita mulai mencari minat bagi masyarakat agar mau memvaksin terutama hewan peliharaannya,” ungkapnya.

    Sementara itu, penilaian Lomba anjing dan Kucing Sehat ini berdasarkan 3 kriteria, yaitu Kesehatan meliputi Proporsi Badan, Tampilan secara umum, Mata, Telinga, Hidung, Bulu, Warna Bulu, Kuku dan Kulit. Kedua, Temperamen, dan ketiga Nilai Plus seperti kelincahan aktivitas anjing dan kucing.

    [ Amrin ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad