Recent comments

  • Breaking News

    Pengurus Masjid Jami’ Boyan Tanjung Gelar Peringatan 10 Muharram 1438 H

    Peringatan 10 Muharram 1438 H, di Masjid Jami' Kecamatan Boyan Tanjung.
    Kapuas Hulu, [uncak.com] - Pengurus Masjid Kecamatan Boyan Tanjung Kapuas Hulu menggelar Peringatan 10 Muharram 1438 H/2016 M yang di Pusatkan di Masjid Jami Jalan Raya Desa Ret Boyan Tanjung, Jum’at (14/10/2016).

    Acara yang dilaksanakan pukul 13.00 ba’da shalat Jumat sampai pukul 14.30 dengan tujuan untuk memberikan pencerahan kepada kaum muslimin di Kecamatan Boyan Tanjung didalam memahami dan memaknai Hari Asyura tanggal 10 Muharram 1438 H/2016 M.

    Hadir dalam majelis tersebut Kepala Urusan (KUA) Agama Kecamatan Boyan Tanjung, Aparat Kecamatan dan Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para Pengurus Masjid serta masyarakat disekitar Kecamatan Boyan Tanjung. Sebagai pemateri didalam acara tersebut adalah Kepala KUA Kecamatan Boyan Tanjung Wakasman, S.H.I, M.Si.

    Dalam Tausyiahnya, Wakasman menguraikan tentang Hikmah 10 Muharram yang memiliki pelajaran berharga bagi kehidupan kaum muslimin dan muslimat sehari-hari. Beliau juga menyampaikan tentang fadhilah atau keutamaan hari Asyura tersebut yang sebaiknya menjadi sebuah acuan bagi orang-orang yang beriman dalam rangka untuk meningkatkan ketaqwaanya kepada Allah SWT.

    Beliau juga mengingatkan kepada para jamaah yang hadir, bahwa maanfaat lainya dari peringatan 10 muharram adalah semakin menambah kecintaan kita kepada hari bersejarah didalam Islam, mempererat tali silaturrahim dan mempertebal semangat ukhuwah islamiyah. Hikmah 10 Muharraam seyogianya menjadi landasan utama bagi kaum muslimin dalam rangka menjalani kehidupan beragama, bermasyarakat dan bernegara sehingga tapak kilas perjuangan Nabi Muhammad SAW yang mengusung Rahmatal Lil Alamin semakin nyata di masyarakat, tegas Wakasman.

    Para jamaah yang hadir begitu antusias dengan materi yang disampaikan oleh Kepala KUA, karena materi yang beliau sampaikan erat kaitanya dengan kehidupan orang tua, pemuda dan anak-anak. Suara riuh jamaah terdengar sejenak, ketika guyonan hikmah keluar dari lisan beliau, guyonan yang berhubungan dengan prilaku masyarakat sehari hari khususya kepada para pemuda pemudi islam yang seakan akan mencampur adukan antara amal ibadah dengan prilaku gaul mereka.

    Pada hakikatnya Peringatan 10 Muharram 1438 H merupakan agenda yang dirancang oleh KUA Kecamatan Boyan Tanjung berserta para pengurus masjid setempat. Agenda ini tergolong berbeda dari agenda pembinaan yang dilakukan oleh para KUA sebelum beliau. 

    Agenda pembinaan yang beliau rancang ini melibatkan beberapa mubaligh yang ada di Boyan Tanjung, melalui pembinaan secara serentak dalam waktu dua hari, dengan mengisi kurang lebih 23 Masjid yang ada. Semoga hal ini akan menjadi amal yang terbaik, serta akan lebih mendekatkan KUA dengan Masyarakat Kecamatan Boyan Tanjung. 

    Jurnalisme Warga, [Mawar]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro