Recent comments

  • Breaking News

    Anak-Anak TKN Pembina Putussibau Utara Praktek Membuat Kerupuk Basah

    Kapuas Hulu, [Uncak.com] – Guna mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak serta mengenalkan anak dengan dunia sekitar, maka perlu dilakukan penerapan standar pendidikannya untuk berkreasi dalam menggali berbagai potensi yang dimiliki.

    Seperti halnya yang dilakukan oleh TK Negeri Pembina Putussibau Utara Kabupaten Kapuas Hulu dengan melakukan pembelajaran Muatan Lokal (Mulok) dengan mengenalkan makanan ciri khas Kapuas Hulu dengan praktek membuat kerupuk basah, Rabu (23/11/16).

    “Praktek membuat kerupuk basah ini kita lakukan karena pembelajaran Mulok temanya binatang dan ikan, kata Suryati salah satu Guru yang memberikan praktek membuat kerupuk basah kepada media ini, Kamis (24/11/16).

    Selain dimakan untuk lauk, daging ikan juga bisa dibuat kerupuk basah, sehingga harapan kita anak-anak bisa kenal dengan berbagai jenis makanan Kapuas Hulu. Sehingga selalu ada sampai puluhan tahun kedepannya, ungkapnya.

    Pembelajaran Mulok memang sekarang harus diterapkan kepada anak, biar anak-anak tahu apa yang merupakan ciri khas ditempat atau lingkungan anak itu berada. “Pembelajaran ini merupakan SAINS dengan melakukan percobaan,” jelas Suryati.

    Dalam hal praktek ini kita juga mengajarkan dari awal pembuatannya baik dari mengadon sampai memasaknya sehingga mereka tahu proses pembuatannya walaupun mereka belum bisa membuatnya sendiri, namun paling tidak mereka sudah tahu jenis makanannya serta cara membuatnya. Ternyata anak-anak sangat senang dan antusias melakukannya, tambahnya.

    “Kita coba menerapkannya, karena bukan hanya makanan ciri khas Kapuas Hulu saja yang harus kita kenalkan, tetapi seni budayanya juga kita kenalkan kepada anak-anak. Tetapi kalau di tingkat TK kita harus menyesuaikan temanya,” ungkapnya. 
     
    [ Amrin ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro