Recent comments

  • Breaking News

    Siswa SDN 01 Nanga Embaloh Lakukan Praktekum Dengan Mencangkok

    Siswa SDN 01 Nanga Embaloh Kecamatan Embaloh Hilir saat melakukan praktek pencakokan.
    Kapuas Hulu, [Uncak.com] – Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah perkembangbiakan pada tumbuhan secara tidak kawin yang dilakukan oleh manusia. Perkembangbiakan vegetatif secara buatan meliputi mencangkok, menyambung, okulasi, setek dan merunduk.

    Seperti halnya yang dilakukan para siswa SDN 01 Nanga Embaloh Kecamatan Embaloh Hilir Kabupaten Kapuas Hulu, dengan melakukan praktek perkembangbiakan tumbuhan dengan cara mencangkok pada jenis tanaman Kratom Borneo atau yang dikenal dengan pohon Puri pada perkebunan warga yang berada dibelakang sekolah.

    “Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah agar memperoleh tumbuhan yang bermutu baik. Sehingga dapat berbuah banyak, tahan terhadap penyakit dan akarnya kuat,” kata Nurhayati,S.Pd.SD, guru SDN 1 Nanga Embaloh.

    Selain itu tambah Nurhayati, agar siswa bisa mengetahui bagaimana cara mencangkok sebuah tanaman dengan benar sehingga bisa menjadi modal dan bekal mereka dikemudian hari.

    “Kegiatan perkembangbiakan vegetatif buatan dengan cara mencangkok pada tanaman Kratom Borneo atau Puri ini kita lakukan pada kebun warga yang berada dibelakang sekolah. Karena kurikulum yang menuntut pembelajaran yang berkolaborasi dengan lingkungan sekitar,” ucapnya.

    Kegiatan ini juga sering kita laksanakan setiap tahun pada semester satu karena merupakan pokok bahasan pelajaran IPA Kelas VI tentang perkembangbiakan vegetatif buatan. “Terlihat sekali antusias anak-anak dengan kegiatan ini karena mereka melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab,” jelas Nurhayati.

    Kemudian hasil cangkokan mereka nantinya diserahkan kembali kepada warga untuk ditanam kembali agar tanaman puri ini bisa tumbuh subur dengan harapan tahun depan bisa digunakan kembali untuk siswa mempraktekkan cara mencangkok, ungkapnya.

    “Kita guru harus berubah cara mengajarnya dengan melatih dan menilai siswa dari berbagai kecerdasan sehingga membuat mereka terampil melakukan dan menciptakan, pungkas Atik akrab sapaannya. 

    [ Amrin ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad