Recent comments

  • Breaking News

    Tahun Ini Rumah Sakit Pratama Semitau Gagal Dibangun

    Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu dr. H.Harisson, M.Kes
    Kapuas Hulu, [Uncak.com] – Rencana pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Semitau Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, belum bisa atau gagal dibangun tahun 2016 ini.

    Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu dr.H.Harisson,M.Kes, mengatakan bahwa gagalnya pembangunan Rumkit Kelas D di Kecamatan Semitau dikarenakan keterlambatan turunnya dana dari Pemerintah Pusat dan kemungkinan kekurangan atau defisit pada APBN karena sudah akhir tahun.

    “Dana sebesar Rp32 Milyar yang dianggarkan melalui APBN Perubahan tersebut bukannya tidak terserap, tetapi dananya tidak bisa turun dikarenakan sudah akhir tahun,” kata Harisson kepada media ini, Senin (28/11/2016). 

    Dijelaskan Harisson, Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2016 yang memuat bahwa Kapuas Hulu mendapat dana Rp32 Milyar untuk pembangunan Rumkit Pratama yang baru ditandatangani oleh Presiden pada 29 Juli 2016 dan Kementerian Kesehatan baru memerintahkan untuk mulai proses pada akhir Agustus 2016, sedangkan waktu yang tersisa hanya 4 bulan hingga bulan Desember.

    Sehingga dengan waktu yang tersisa 4 bulan dengan masa proses lelang perencanaan, lelang kontruksi dan pembangunannya tersebut daerah tidak mampu melaksanakan berhubung waktu yang sangat mepet, tambahnya.

    “Sampai saat ini dana belum ditransfer oleh Pemerintah Pusat ke daerah sehingga kita tidak melakukan proses tersebut,” ujarnya.

    Namun menurut Harisson, dari dana Rp32 Milyar tersebut ada sekitar Rp11 Milyar lebih digunakan untuk pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) dan sudah kita laksanakan, seperti tempat tidur dan kursi roda.

    Selain itu, rencananya Kementerian Keuangan akan mengeluarkan Permenkeu yang mengatur bahwa pembangunannya boleh lompat tahun, tetapi kita masih menunggu peraturan tersebut.

    “Dananya masih di Pusat, dan kita masih menunggu Permenkeu nya. Mudah-mudahan Permenkeunya keluar sehingga kita bisa bangun tahun depan, ucapnya. 

    [ Amrin ]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad