Recent comments

  • Breaking News

    Adakan Lomba Pangkak Gasing Demi Kelestarian Permainan Tradisional

    Perlombaan Pangkak Gasing.

    PUTUSSIBAU, Uncak.com - Salah satu cara untuk melestarikan permainan tradisional asli Indonesia terutama yang berasal dari suku Melayu, yakni permainan ''Pangkak Gasing'' adalah dengan cara mengadakan perlombaan.

    Hal ini telah dilakukan oleh beberapa komunitas dan penggiat budaya Melayu di Kabupaten Kapuas Hulu, salah satunya ialah Abang Edi Suparman dan kawan-kawan. 

    Pertandingan tersebut diadakan di GOR Uncak Kapuas Kecamatan Putusssibau Utara Kapuas Hulu, dimulai dari tanggal 8 hingga 9 April 2017, kata Edi kepada Media ini, Senin (10/4/17).

    Selain melestarikan budaya lanjut Edi, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kepada anak-anak agar mereka menyukai permainan Gasing, sebab anak-anak sekarang hampir tidak ada lagi yang bermain Gasing. "Anak sekarang sudah banyak yang mencintai permainan Game daripada bermain Gasing", ujarnya.

    “Dalam pertandingan Gasing tersebut ada tiga kategori lomba, yakni Pangkak pendekar umum, Pangkak pendekar anak dan pangkak Cendikia,” jelas Edi.

    Pembagian hadiah kepada para pemenang lomba Pangkak Gasing.
    Sementara itu Hambali, salah satu dewan Juri mengatakan, bahwa permainan Gasing ini memiliki beberapa nilai edukasi bagi anak-anak, yakni anak dapat mengenal perkembangan Kebudayaan, Sejarah, serta aset budaya yang dimiliki bangsa ini. “Dengan Gasing ini, akan dapat dijadikan terobosan yang bisa mengalihkan permainan Game menjadi permainan tradisional,” ujarnya.

    Dikatakan Hambali, aspirasi yang berkembang ditengah-tengah penggiat Gasing baik masyarakat Kedamin Putussibau Selatan maupun masyarakat Prajurit Putussibau Utara dimasa mendatang, diharapkan agar pertandingan Gasing ini bisa dilaksanakan secara rutin di Bumi Uncak Kapuas ini, ungkapnya.

    Ditemui terpisah diantara peserta lomba, Rico Aking mengatakan bahwa Gasing sebagai permainan tradisional, jelas memiliki beberapa keunggulan dibanding permainan Game. Dari segi ekonomi gasing lebih ekonomis, dari segi kesehatan gasing jelas tidak memiliki efek negatif dibanding dengan permainan Game (Gadget), katanya.

    Permainan Game ini juga dapat mengakibatkan dampat kurang baik bagi kesehatan kita, seperti kelelahan mata, Wasir atau Ambeien, berkurangnya Metabolisme pada tubuh, makan dan istirahat menjadi tidak teratur, serta bisa terkena Sindrom Carpal Tunnel, jelasnya.

    Oleh sebab itu saya berharap perlombaan permainan-permainan tradisional Pangkak Gasing maupun permainan lainny bisa kita gali dan lombakan sehingga dapat menumbuhkan nilai positif bagi anak-anak kita khususnya, harapnya.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    kmiklan