Recent comments

  • Breaking News

    Petani Semangut Sambut Gembira Program Cetak Sawah di Daerahnya

    Pembangunan program cetak sawah di Desa Semangaut Utara Kecamatan Bunut Hulu Kapuas Hulu.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Kelompok tani Rasau Indah dan Longoi Permai, Desa Semangut Utara, Kecamatan Bunut Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu menyambut gembira adanya program pencetakan sawah baru di daerahnya.

    Sebab masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai petani padi di desa tersebut selama ini bertani hanya mengandalkan pertanian dari lahan kering dengan cara dibakar dan berpindah-pindah. Sementara pemerintah telah melarang keras masyarakat untuk membakar lahan.

    "Dengan telah dilaksanakan program pembangunan cetak sawah di desa Semangut Utara ini, masyarakat yang mayoritas petani padi, sangat antusias dan menyambut gembira. Sebab selama ini mereka (petani) memang sudah lama mendambakan program pembangunan tersebut," ujar Nur Abidah, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang bertugas di desa Semangut Utara dan desa Nanga Semangut, Senin (28/8/17).

    Dikatakan Nur, bahwa program pembangunan cetak sawah tersebut saat ini sudah berjalan dan sedang dalam proses pengerjaan. "Ada 2 (dua) lahan dari kelompok tani yang akan dikerjakan, yakni kelompok tani Rasau Indah dan Longoi Permai. Khusus untuk kelompok tani Rasau Indah, sekarang lahannya tengah dalam pengerjaan. Sudah sekitar lebih kurang seluas sembilan hektare yang telah dikerjakan, dari 25 hektare luas yang telah ditentukan," terang Nur.

    Sedangkan untuk kelompok tani Longoi Permai lanjut Nur, lahannya akan dikerjakan setelah lahan dari kelompok tani Rasau Indah selesai dikerjakan. "Kelompok tani Longoi Permai ini mendapat 15 hektare luas lahan yang akan dikerjakan. Jadi total semua lahan yang akan dicetak menjadi lahan sawah dari dua kelompok tani tersebut berjumlah 40 hektare," ungkap Nur Abidah.  [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad