Recent comments

  • Breaking News

    Pemilihan Ketua OSIS di SMANSA Putussibau Layaknya Pemilu

    KAPUAS HULU,  Uncak.com - Pemilihan ketua dan wakil ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) beserta kepengurusannya tahun pelajaran 2017/2018 di SMA Negeri Satu (SMANSA) Putussibau berlangsung demokratis layaknya Pemilihan umum (Pemilu), Kamis (14/9/17).

    "Kegiatan pemilihan OSIS ini dilaksanakan mengingat masa jabatan ketua OSIS tahun pelajaran 2016/2017 telah berakhir," ujar M Djusanudin, Kepala SMANSA Putussibau, Jumat (15/9/17).

    Dikatakan Didin akrab sapaannya, kegiatan persiapan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS beserta kepengurusannya ini berlangsung selama 1 (satu) minggu. "Kegiatan tersebut berupa pengambilan formulir pasangan calon dan wawancara bagi pasangan calon," jelasnya.

    Adapun pewawancara ketua OSIS lanjut Didin, yakni Deliar Noor dan   Wakilnya yaitu Alfian Dwi Cahyo. "Kemudian acara dilanjutkan dengan kampanye pasangan calon ke setiap kelas, baik kampanye tentang visi dan misi, maupun kampanye melalui media sosial yaitu instagram dan BBM," terangnya.

    Lebih lanjut Didin mengatakan, untuk kegiatan terakhir yakni berupa debat tertutup tentang visi dan misi yang dilakukan oleh pasangan calon dan tim sukses masing-masing. "Masa tenang dilaksanakan setelah debat tertutup dan pada masa tenang tersebut dilakukan pelepasan atribut kampanye," tuturnya.

    Didin menambahkan, bahwa pada hari Kamis (14/9/17), merupakan puncak pelaksanaan kegiatan pemilihan ketua OSIS dan wakil ketua OSIS. "Seluruh siswa berkumpul di lapangan upacara SMANSA Putussibau untuk mendengarkan orasi dari pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS. Setelah orasi dilakukan, barulah melakukan pencoblosan dan dilanjutkan dengan sidang pleno," ungkapnya.

    Menurut Didin, pencoblosan dilakukan di setiap TPS-TPS yang berada di setiap kelas dengan jumlah 21 TPS. "OSIS bekerjasama dengan KPU Kapuas Hulu. Sedangkan bentuk kerjasamanya berupa peminjaman bilik suara dan kotak suara, selain itu, pihak KPU juga melakukan kunjungan ke SMANSA untuk meninjau kegiatan pemilihan umum tersebut," jelas Didin.

    Dijelaskan Didin, calon ketua OSIS dan wakilnya ini, untuk pasangan nomor urut satu yakni Andis Tito Hendrawan dan Dimas Anggra Saputra. Sedangkan pasangan nomor urut dua yaitu  M. Rifqi Abiyyi Nabhan dan wakilnya Rifky Naufal Syahban.

    "Adapun jumlah perolehan dari masing-masing pasangan calon ketika penghitungan suara, untuk pasangan calon nomor urut satu jumlahnya 73,3 persen dengan total suara 515 suara dari 702 orang jumlah pemilih, sedangkan yang hadir sebanyak 681 orang. "Pasangan terpilih adalah Pasangan nomor urut satu atas nama Andis Tito Hendrawan dan Dimas Anggra Saputra," jelas Didin.

    Didin selaku Kepala sekolah, berharap kepada seluruh siswa agar dapat mendukung dan bekerjasama dengan ketua dan wakil ketua OSIS yg terpilih tersebut, harapnya.

    Jurnalisme SMANSA: [Yenni]
    Editor: [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad