Recent comments

  • Breaking News

    Dana Porseni Tingkat Kecamatan Tak Dianggarkan, Kadri: Harus Saling Membantu

    Kadri, anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, saat menyerahkan piala bergilir kepada pihak panitia penyelenggara Porseni tingkat Kecamatan Mentebah, untuk diperebutkan kembali.
    Kadri (kiri) saat menyerahkan piala bergilir.
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Pihak panitia penyelenggara Pekan Olimpiade Olah Raga dan Seni (Porseni) tingkat Kecamatan Mentebah mengeluhkan terkait tidak dianggarkannya dana khusus untuk penyelenggaraan Porseni tingkat Kecamatan, sehingga pihak sekolah sangat terkendala dengan hal tersebut, dimana jika mengharapkan dana dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), maka kegiatan Porseni tidak akan dapat terlaksana karena turunnya dana BOS tidak bersamaan dengan kegiatan.

    Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Kadri, menyatakan bahwa anggaran (dana) khusus untuk penyelenggaraan Porseni di tingkat Kecamatan, harus saling bantu- membantu.

    Hal itu disampaikan Kadri kepada uncak.com saat ditemui usai menghadiri pembukaan Porseni tingkat Kecamatan Mentebah yang berlangsung di SDN 03 Menarin, Desa Menarin, Kecamatan Mentebah, Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu (27/1/18) Sore.

    Dikatakan Kadri, atas kendala yang dialami tersebut, tentunya Pemerintah Kabupaten juga telah memikirkan keluhan dari pihak panitia penyelenggara Porseni tingkat Kecamatan.

    "Dalam hal ini, saya sudah berusaha datang untuk membantu semampu saya. Namun saya sangat senang mendengar bahwa ada banyak pihak yang membantu, termasuk para Kepala desa dan setiap sekolah yang ikut serta juga ada sumbangsihnya masing-masing," tuturnya.

    Kadri menjelaskan bahwa ini baru tahap awal penjajakan, dimana jika Porseni ini berjalan sesuai dengan harapan Pemerintah terutama terkait prestasi atlit, maka akan segera dikomunikasikan kembali dengan instansi terkait yang ada di Pemerintah Kabupaten.

    "Ini kan menyangkut soal anggaran, tentunya untuk penggunaan anggaran maka harus dikomunikasikan secara matang karena ini masalah pertanggung jawaban anggaran apalagi soal dana BOS harus benar-benar difungsikan dengan tepat.Tapi saya yakin, dengan saling membantu, maka semua masalah pasti bisa terselesaikan," ungkapnya.

    Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu AM. Nasir, SH, menyatakan dalam salah satu kata sambutannya saat acara pembukaan Porseni tersebut, bahwa posisi keuangan atau anggaran untuk Porseni tingkat Kecamatan akan diusahakan.

    "Posisi keuangan akan diusahakan untuk Porseni tingkat Kecamatan," singkat Nasir.

    Sebelumnya, Ketua panitia penyelenggara Porseni tingkat Kecamatan Mentebah yang juga merupakan Kepala SDN 03 Menarin, Suhardi, S.Pd.I, menyampaikan dalam laporannya bahwa pihak penyelenggara Porseni tingkat Kecamatan sangat terkendala oleh anggaran, dimana tidak adanya anggaran khusus yang diperuntukkan untuk kegiatan Porseni tingkat Kecamatan, sehingga mereka harus mengharapkan bantuan dari para donatur, masyarakat dan sekolah serta pihak-pihak lainnya.

    "Untuk Porseni tingkat Kecamatan ini, kami kewalahan soal dana, sebab tidak ada dana khusus yang diperuntukkan buat Porseni tingkat Kecamatan," kata Suhardi.

    Namun lanjut Suhardi, meskipun demikian, kami bersyukur karena masih banyak peduli terhadap kegiatan Porseni ini, sehingga mau membantu anggaran dengan sukarela.

    "Seperti Kepala desa, Kepolisian setempat, salah satu anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu dan para donatur lainnya, dengan sukarela membantu kami dari segi pendanaan yang selama ini menjadi kendala kami," terangnya.

    Suhardi berharap kepada Pemerintah daerah melalui instansi terkait agar kedepannya hal ini benar-benar menjadi perhatian serius karena ini menyangkut prestasi anak bangsa, sehingga secara otomatis akan berdampak pula terhadap nama baik Kabupaten Kapuas Hulu.

    "Porseni ini menyangkut prestasi anak-anak, jika banyak anak-anak Kapuas Hulu yang berprestasi, maka besar kemungkinan akan berdampak pada nama baik, apalagi ada anak dari Kapuas Hulu yang berlaga hingga ke tingkat internasional, tentunya hal ini tidak terlepas dari dukungan materi," ungkap Suhardi penuh harap.

    Pada acara pembukaan Porseni tersebut, Bupati Kapuas Hulu memberikan bantuan berupa dana kepada pihak panitia, sedangkan Kadri juga memberikan bantuan berupa piala dan pada kesempatan tersebut, Kadri juga menyerahkan piala bergilir.

    Piala bergilir tersebut diserahkan kepada pihak tuan rumah yakni SDN 03 Menarin yang diterima oleh Kepala sekolah, Suhardi, untuk diperebutkan kembali. Adapun peraih juara umum dalam Porseni tahun 2017 lalu, yakni SDN 01 Mentebah dengan Kepala sekolah Sugiman, S.Pd. [Noto]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Uncak

    Post Bottom Ad