Recent comments

  • Breaking News

    Di Jakarta, Festival Danau Sentarum Suguhan Utama Stand Kalbar

    Pameran gebyar budaya dan wisata Nasional yang diselenggarakan di Hall B Jakarta Convention Center.
    JAKARTA, Uncak.com - Berkolaborasi dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, serta Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Dan Danau Sentarum (BB TaNa Bentarum) kembali hadir di gelaran pameran Gebyar Budaya dan Wisata Nasional yang dilaksanakan di Hall B Jakarta Convention Center yang dimulai tanggal 11 hingga 13 Mei 2018.

    Kolaborasi itu bukan yang pertama kali dilakukan, namun telah beberapa kali dilakukan kegiatan bersama untuk bersinergi dalam mempromosikan destinasi wisata Kabupaten Kapuas Hulu.

    Pada keikutsertaan kali ini, diusung tema Festival Danau Sentarum yang merupakan event unggulan Provinsi Kalimantan Barat setelah masuk dalam daftar 100 wonderful events Indonesia.

    Saat ini, hanya ada dua event di Kalimantan Barat yang masuk dalam daftar tersebut, yaitu perayaan Cap Go Meh di Singkawang dan Festival Danau Sentarum di Kapuas Hulu.

    Tentu saja, hal itu menjadikan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kalimantan Barat khususnya masyarakat Kapuas Hulu. Dimana Festival Danau Sentarum telah diakui dan mulai diberi perhatian lebih dari pemerintah.

    Festival Danau Sentarum tahun 2018 merupakan perhelatan yang keempat kali sejak pertama kali digagas pada tahun 2012 lalu.

    Event itu pada awalnya muncul atas adanya keinginan untuk mempromosikan kekayaan budaya yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu khususnya budaya masyarakat sekitar Danau Sentarum.

    Beberapa kemasan yang ditampilkan pada event tersebut, diantaranya pentas budaya, lomba tarian dan olahraga tradisional yang ruang lingkupnya hanya melibatkan seluruh Kecamatan di Bumi Uncak Kapuas.

    Konsep festival yang sama juga dilaksanakan pada tahun 2013 lalu.
    Seiring berjalannya waktu, Festival Danau Sentarum baru bisa dilaksanakan kembali pada tahun 2017 dengan konsep yang lebih kontemporer.

    Pada pelaksanaan tahun 2017, event itu menampilkan keanekaragaman budaya yang dipadukan dengan keindahan alam dan potensi kawasan konservasi taman nasional danau sentarum serta budaya kontemporer yang dikemas dengan nuansa tradisional.

    Dimana event itu terselenggara  dengan dukungan dan kolaborasi dari para mitra, baik dari sisi teknis pelaksanaan, maupun finansial.

    Kerja keras itu akhirnya membuahkan hasil dengan ditetapkannya Festival Danau Sentarum menjadi 100 Wonderful Events Indonesia 2018.

    Dalam event pameran ini, akan ditampilkan berbagai bentuk kesenian tradisional masyarakat, berupa penampilan Sape/alat musik tradisional Dayak, tato Dayak, kain tenun, maupun kerajinan tradisional masyarakat.

    Selain itu, juga diikutsertakan pihak Yok Kita Adventure sebagai tour operator yang akan menawarkan paket pilihan perjalanan ke beberapa destinasi tujuan wisata yang ada di Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Kapuas Hulu terkait dengan pelaksanaan festival Danau Sentarum.

    Diharapkan, dengan beragamnya materi promosi yang ada dapat memberikan gambaran lebih mengenai pelaksanaan Festival Danau Sentarum serta mampu menarik minat pengunjung untuk menyaksikan perhelatan event tersebut yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2018.

    Sumber : TaNa Bentarum
    Editor    : Noto

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro

    Post Bottom Ad

    Computer Pro