Recent comments

  • Breaking News

    Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang, Bawaslu dan Panwaslu Lakukan Patroli

    Apel Siaga Pengawasan masa tenang pungut hitung Pilgub Kalbar 2018.
    KAPUAS HULU, Uncak.com – Dalam rangka persiapan pengawasan masa tenang pungut hitung Pilkada Provinsi Kalimantan Barat yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018, Panwaslu Kabupaten Kapuas Hulu menggelar apel siaga, di sekretariat Panwaslu Kabupaten Kapuas Hulu, Jalan A Dogom Kelurahan Hilir Kantor Kecamatan Putussibau Utara Kapuas Hulu, Minggu (24/6/2018) pukul 14.30 WIB.

    Apel siaga tersebut dihadiri langsung oleh Anggota Bawaslu Provinsi Kalbar Mohammad, Waka Polres Kapuas Hulu Kompol Ricky, Kasat Pol PP Kapuas Hulu Rupinus, serta diikuti anggota Satuan Pol PP dan empat perwakilan Panwascam terdekat, yaitu Panwascam Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Kalis dan Bika.

    Dalam arahannya, Anggota Bawaslu Provinsi Kalbar Mohammad menyampaikan bahwa kegiatan apel siaga ini merupakan kegiatan yang dilakukan Bawaslu, Panwaslu bersama stack holder dalam menjaga dan mengawasi suasana masa tenang menjelang pemungutan suara.

    “Pastinya, pada masa tenang dan mulai hari ini kita harus langsung mengadakan patroli pengawasan di lapangan untuk memastikan apakah sudah berjalan sesuai SOP nya atau tidak,” katanya.

    Dari Bawaslu Provinsi Kalbar lanjut Mohammad, melakukan patroli ke Panwaslu Kabupaten/Kota dengan melakukan pengawasan ketingkat Panwascam dan PPL disetiap Desa dan Kelurahan guna mengecek apakah sudah stanby dilapangan mengawasi persiapan pemungutan suaranya, dari tingkat PPK, PPS dan KPPS.

    Adapun patroli pengawasan yang dimaksud untuk memastikan strategi pencegahan dan penindakan yang dilakukan Panwascam dan PPL terhadap potensi pelanggaran di wilayah TPS rawan, serta memastikan perkembangan penertiban APK di masa tenang, tambah Mohammad.

    Sebab, potensi pelanggaran biasanya terjadi disaat masa tenang. Pelanggaran tersebut biasanya dengan melakukan penyebaran politik uang (money politic), ujarnya.

    “Saya berharap kita semua bekerja keras, berintegritas dan bersinergitas, karena kesuksesan pemilu khususnya Pilgub Kalbar nanti ada di pundak kita rekan-rekan Panwaslu Kapuas Hulu khususnya Panwascam dan PPL,” harap Mohammad.

    Waka Polres Kapuas Hulu, Kompol Ricky, dalam arahannya juga menyampaikan jika pada hari tenang dan pemungutan suara nanti rekan-rekan Panwaslu, Panwascam dan PPL menemuka pelanggaran dilapangan, jangan segan-segan untuk melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian yang bertugas dilapangan, agar bisa cepat kita lakukan penindakan pencegahan bahkan proses hukumnya.

    “Intinya mari kita jaga integritas serta netralitas kita guna mengawal jalannya Pilkada Kalbar nanti, baik dengan melakukan pencegahan serta pengawalan kotak suaranya. Mudah-mudahan pelaksanaan Pilgub Kalbar yang tinggal beberapa hari lagi bisa berjalan aman dan lancar,” ungkap Waka Polres.

    Rupinus, Kepala Satuan Pol PP Kapuas Hulu juga menyampaikan bahwa dari Kesatuan Pol PP  nantinya akan menempatkan Linmas di setiap PPS maupun TPS yang ada.

    “Kita juga siap membantu jalannya pelaksanaan Pilgub nanti bersama Kepolisian serta panitia pemilu maupun badan pengawasan pemilu yang ada, agar pelaksanaan Pilgub berjalan aman dan lancar, terutama pada saat pemungutan suara,” terangnya.

    Selain itu, tambah Rupinus, memasuki masa tenang kita juga bersama pihak Kepolisia, KPU dan Panwaslu sudah melakukan pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK) yang terpasang, sehingga hari tenang ini benar-benar tidak ada lagi kampanye serta APK yang beredar, terutama kampanye hitam, pungkas Rupinus singkat.

    Setelah apel siaga dilakukan, Anggota Bawaslu Provinsi Kalbar bersama Panwaslu Kapuas Hulu langsung melakukan patroli kesetiap Panwascam yang ada di Kapuas Hulu hingga masa pemungutan suara.  [Amr] 

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    KPU

    Post Bottom Ad

    Dirgahayu RI
    Computer Pro
    Dirgahayu RI