Recent comments

  • Breaking News

    Bupati Kapuas Hulu Lepas Peserta Pawai Takbiran Keliling

    Bupati Kapuas Hulu AM Nasir saat membuka pawai taaruf atau takbiran keliling
    KAPUAS HULU, Uncak.com - Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu menggelar Pawai Taaruf atau Takbiran Keliling.

    Pawai Taaruf dilepas langsung oleh Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir beserta anggota Forkopimda. Hadir juga Kapaolres Kapuas Hulu AKBP imam Riyadi, SIK., MH, Dandim 1206/Psb Letkol Inf Muhammad Ibnu Subroto, Kemenag Kapuas Hulu H.M Kusyairi Husman, S.Ag.,M.Si, serta warga yang hadir di halaman Kantor Bupati Kapuas Hulu, Kamis (14/6/2018) pukul 20.15 WIB.

    Tampak ratusan bahkan ribuan warga turut serta memeriahkan malam takbiran dengan pawai keliling menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

    Selain itu, dimeriahkan juga oleh 9 buah Gerobak Sahur yang selama satu bulan puasa selalu aktif keliling Kota Putussibau maupun Kedamin untuk membangunkan warga saat sahur.

    Adapun rute pawai keliling tersebut dimulai dari halaman Kantor Bupati Kapuas Hulu dengan mengelilingi kota Putussibau dan dilanjutkan menuju Kedamin Kecamatan Putussibau Selatan, dilanjutkan kembali menuju Kota Putussibau Kecamatan Putussibau Utara dan berakhir kembali dihalaman kantor Bupati.
    Bupati, Kapolres, Dandim dengan menggunakan motor mengikuti pawai keliling bersama rombongan dan diikuti peserta pawai lainnya..
    Dalam sambutannya, AM Nasir menyampaikan bahwa berdasarkan sidang hisbad yang baru saja diumumkan oleh Kemenag RI bahwa 1 Syawal 1439 H akan jatuh pada besok, Jum'at 15 Juni 2018.

    "Dengan telah ditetapkannya 1 Syawal besok, berarti malam ini kita merayakannya dengan takbiran," jelas Nasir.

    Lebih kanjut Nasir mengatakan bahwa kegiatan malam takbiran dengan pawai keliling seperti ini merupakan tradisi masyarakat ketika menyambut malam lebaran.

    Maka, Pemkab Kapuas Hulu selalu mengakomodir kegiatan pawai keliling seperti ini agar tidak ada warga atau sekelompok anak muda khususnya yang melakukan pawai keliling secara diam-diam atau tidak resmi.

    "Maka selalu kita akomodir setiap tahunnya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dijalan," terang Nasir.

    Nasir juga menhimbau agar tetap tertib dijalan. Jangan ada yang saling salip menyalip sesama, himbaunya.

    Kapolres Kapuas Hulu AKBP Imam Riyadi, SIK.,MH, juga berharap tetap tertib dalam pawai nanti.

    "Berikan suasana takbir yang aman dijalan dengan nuansa Islami. Tunjukkan kalau kita sebagai umat muslim merayakan kemenangan dengan damai dan santun setelah sebulan penuh berpuasa," ungkap Kapolres singkat.

    Dandim 1206/Psb Letkol Inf M Ibnu Subroto, juga menghimbau agar tetap jaga faktor keamanan saat berkendara, terutama pengguna roda dua.

    Utamakan keselamatan kita bersama, sehingga kegiatan pawai keliling malam ini bisa berjalan lancar, tambahnya.

    Tampak ratusan porsenil aparat TNI dan Kepolisian mengawal serta berjaga. Pawai taaruf atau takbiran keliling tersebut berakhir pukul 21.15 WIB.  [Amr]

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Computer Pro
    Pemilu 2019

    Post Bottom Ad

    Computer Pro